The news is by your side.

64 Tenaga Medis di Bali Terpapar Covid-19

0

Oleh: Ari   |

Balicitizen.com, Denpasar – Dinas Kesehatan Bali mencatat 64 tenaga medis di Bali yang terpapar penyakit virus corona atau Covid-19. Dari jumlah tersebut Denpasar terbanyak dengan 23 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Bali I Ketut Suarjaya mengatakan para tenaga kesehatan ini terpapar di 7 wilayah di Bali. Ia merinci 23 orang di Kota Denpasar, 12 orang Kabupaten Badung, 10 orang Gianyar, 8 orang Kabupaten Tabanan, 4 orang Kabupaten Gianyar, 4 orang Kabupaten Klungkung dan 3 orang di Kabupaten Buleleng.

“Data tenaga medis yang terkonfirmasi positif SARS-coV2 berdasarkan alamat per kabupaten di Bali sampai dengan 22 Juni 2020 total 64 orang,” kata dia, Rabu (24/6).

Suarjaya menduga mereka tertular saat menanggani pasien yang belum didiagnosa Covid-19. Artinya belum doketahui status pasien tersebut saat datang ke rumah sakit atau puskesmas.

” Misalnya, dia baru datang dengan DB (Demam dengue) sehingga standar penangganannya tidak maksimal. Jadi dia terpapar COVID-19. Jadi, karena tidak ketidaktahuan jenis pasien yang ditangani,” kata Suarjaya.

Suarjaya mengatakan untuk tenaga medis yang bertugas di ruang isolasi tak ada yang terpapar Covid-19. Menurutnya hal tersebut karena standar penanganan yang baik. Untuk itu ia meminta seluruh rumah sakit menggunakan protokol sesuai anjuran WHO saat menerima pasien. Standar tersebut seperti memakai pelindung wajah, masker dan sarung tangan. Sementara itu, pasien dilakukan rapid test atau swab metode PCR sebelum dilakukan tindakan medis. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.