The news is by your side.

64 Warga Negara Asing Dipulangkan Paksa dari Bali

0

Oleh: R Sidi   |

Balicitizen.com, Denpasar – Tidak semua warga negara asing atau turis manca negara yang berlibur ke Bali punya cukup modal. Banyak kasus bahkan tidak banyak bawa uang, bahkan sampai terlibat tindak kriminal seperti pencurian.

Berbagai modus lain juga dilakukan, seperti misalnya harus pura-pura gila agar dipulangkan secara gratis plus dapat makan selama di Bali.

Hal ini juga diakui Imigrasi Bali yang banyak bergelut dengan kasus seperti ini.

“Kebanyakan kita kalau yang kaya begitu itu pura-pura linglung dan tak punya duit, pura-pura gembel kita akan panggil kedutaannya,” kata Kepala bidang intelijen dan penindakan keimigrasian, Setyo Budiwardoyo.

Data yang dihimpun dari Januari hingga Juni 2019, ada sekitar 64 WNA yang dipulangkan ke negaranya. Pelanggaran terbanyak karena penyalahgunaan izin tinggal sebanyak 22, overstay 22, tidak taat Perundang-undangan 5, dan sisanya bebas dari Lembaga Pemasyarakatan. Sementara berdasar negara, Banglades yang teratas dengan jumlah warganya sebanyak 17, disusul Uganda 8, Australia 7, Rusia 5, Aljazair dan Inggris masing-masing 3, Prancis. Lalu India, Amerika Serikat, dan Thailand masing-masing 2. Selebhinya adalah Malaysia hingga Sierra Leone masing-masing satu. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.