The news is by your side.

Anak Baiq Nurul Sendirian, Tak Tahu Jika Ibunya Ditahan

0

Oleh: Mujahir   |

Balicitizen.com, Jakarta – Ada fakta yang mengejutkan dibalik kasus Baiq Nuril. Hal ini seperti dilontarkan oleh Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kota Mataram, Nyanyu Ernawati.

Ia menceritakan efek lain dari kasus yang menimpa Baiq Nuril Aziz Fauzi. Dia mengatakan, apa yang terjadi dengan Nuril sangat berdampak besar kepada anak-anaknya.

“Apa yang terjadi dengan ibu Baiq Nuril ini berdampak sangat besar terhadap perkembangan anak-anak beliau terutama yang paling kecil,” kata Ernawati dalam sebuah diskusi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/7).

Anak Nuril yang masih kecil itu bernama Rafi. Pada awal Nuril menjalani proses hukum, Rafi masih balita dan selalu ikut mendampingi ibunya.

Namun, pada Nuril diputuskan ditahan si kecil Rafi tidak diperkenankan ikut. Ironisnya lagi, suami Nuril tinggal di luar pulau.

“Kita bisa membayangkan bagaimana anak kecil ini kebingungan harus dibawa kemana, sehingga inilah harapan kami, semoga bapak presiden bisa memberikan amnesti kepada ibu Nuril,” kata Ernawati.

Sebagai aktivis perlindungan anak, Ernawati sangat paham dampak psikologis kasus Nuril bagi anaknya. Menurut penuturan dia, sampai saat ini yang ada dalam benak si kecil Rafi adalah ibunya sedang bersekolah dan dipanggil oleh bapak kepala sekolah

“Kalau ditanya siapa bapak kepala sekolah, (dia jawab) itu bapak Jokowi. Akhirnya sampai si Rafi ini sempat membuat surat kepada bapak Jokowi agar ibunya tidak bersekolah lagi. Anak sekecil Rafi tidak tahu bahwa ditahan itu ibunya dianggap bersekolah,” katanya.

Atas dasar itu, Ernawati tergerak hatinya untuk mendampingi Baiq Nuril. Dia berharap keadilan bisa ditegakkan untuk kaum perempuan.

“Semoga apa yang terjadi kepada Baiq Nuril ini tidak terjadi lagi, dan bapak presiden bisa memberikan hak Amnestinya,” katanya.

Dia menuturkan, penuntasan kasus tersebut sangat penting, agar perempuan yang mengalami pelecehan seksual tidak takut untuk melaporkan. Dia berkaca pada masus Nuril, korban pelecehan seksual yang dikorbankan. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.