The news is by your side.

Aneka Getuk Jawa yang Wajib Anda Coba

0

Oleh: Anisa Tri Kusuma |

Berbahan dasar singkong, getuk bahkan bisa disajikan dengan lauk pauk sebagai pengganti nasi

Balicitizen.com, Jakarta — Jika anda pergi berlibur ke Jawa Tengah atau Jawa Timur, ada satu jajanan pasar yang wajib anda coba. Namanya pun sudah tidak asing di telinga, yaitu getuk. Yap, camilan ringan yang satu ini merupakan jajanan tradisional khas daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Terbuat dari ketela pohon atau singkong, getuk bahkan nikmat disajikan dengan lauk, pengganti nasi. Namun, bagi para turis, getuk merupakan jajanan yang cocok dijadikan oleh-oleh. Pembuatan getuk dimulai dari singkong yang di kupas kemudian kukus atau perebusan, setelah matang kemudian ditumbuk atau dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pemanis gula dan pewarna makanan.

Getuk biasanya disajikan dengan taburan parutan buah kelapa, selain berbahan dasar dari singkong, getuk juga bisa dibuat dengan bahan baku dari ubi, talas, pisang, bahkan ada yang digoreng. Nah, diantara sekian banyak getuk yang ada di Indonesia, ternyata ada 5 jenis getuk yang paling populer di kalangan pencinta kuliner. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Getuk Lindri

getuk lindri. Foto: beritagar.id

Panganan berbahan dasar singkong ini memang mudah ditemui saat anda berwisata ke daerah seperti Magelang, Yogyakarta, Solo hingga Semarang. Bentuknya yang cantik serta rasanya yang manis mampu membuat lidah bergoyang. Berbeda dengan model getuk lain, getuk lindri memiliki bentuk yang sangat khas. Bongkahan adonan singkong yang digulung kemudian dipress hingga menciptakan bentuk getuk yang mirip mie. Aroma getuk lindri pun berbeda dengan yang lain, karena menggunakan daun pandan yang harum serta parutan kelapa yang gurih, menambah sedap getuk lindri.

2. Getuk Goreng

Getuk goreng. Foto: inibaru.id

Jika anda berwisata ke daerah Banyumas dan Purwokerto, sangat mudah menemukan getuk goreng. Dibuat dari singkong yang dibumbui gula kelapa, getuk yang satu ini sudah ada sejak tahun 1918. Potongan getuk yang digoreng menimbulkan sensasi tersendiri, apalagi dengan tepung yang membuat permukaan getuk menjadi renyah. Getuk goreng sangat nikmat disajikan dengan teh hangat manis.

3. Getuk Trio

Getuk trio. Foto: Masakan simbok

Getuk trio memiliki tampilan yang jauh lebih higenis dan modern. Dibungkus dalam plastik, getuk trio menggunakan singkong yang ditumbuk halus dengan gula pasir. Mirip bolu apis, getuk trio makin nikmat karena ada tambahan santan di atasnya. Untuk mencicipi getuk ini, kamu harus main ke daerah Magelang, pusat produksi getuk trio.

4. Getuk Sukun

Getuk sukun. Foto: instagram: dapur_belajar

Apa jadinya kalau buah sukun bertemu dengan tepung adonan getuk? Nah, masyarakat Jawa mampu menyulapnya menjadi getuk sukun! Diproses dengan cara dikukus, getuk suku punya tekstur yang padat, dengan campuran gula pasir dan garam. Sepintas mirip sekali dengan getuk goreng yang dipotong rapi, getuk sukun memiliki aroma yang berbeda dari getuk pada umumnya. Cita rasa getuk ini bisa kamu nikmati saat berkunjung ke kota Kendal, Jawa Tengah.

5. Getuk Pisang

Getuk pisang. Foto: Instagram: nita_sam

Sesuai dengan namanya, olahan getuk pisang dibuat dari bahan dasar pisang Raja Nangka. Pisang jenis ini dianggap memiliki aroma dan rasa yang khas, sehingga dapat memperlezat cita rasa makanan itu sendiri. Berbeda dengan Getuk Lindri atau Getuk Kurung, bentuk Getuk Pisang cenderung bulat dengan panjang sekitar 15 cm, dan berwarna merah kecokelatan.

Makanan ini biasanya dibukus dengan daun pisang dan memiliki sensasi rasa asam dan manis, meski tanpa tambahan gula. Makanan ini sangat familiar jika Anda datang ke Kota Kediri.

Tekstur getuk yang padat, dipadukan dengan cita rasa yang manis, membuat camilan ini siap menggoyang lidah sekaligus mengenyangkan. (Kbb)

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.