The news is by your side.

Antisipasi Bus Terbakar, Gapura Angkasa Pura Diminta Remajakan Kendaraan

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Sejumlah penumpang sempat dikejutkan dengan terbakarnya bus di dalam arean bandara sepekan lalu. Bus tersebut baru saja menjemput penumpang dari pesawat di bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Atas kondisi ini, pihak Angkasa Pura meremajakan kendaraannya.

Wakil Guberbur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) menegaskan pentingnya melakukan pengontrolan berkala dan peremajaan kendaraan milik angkasa pura Ngurah Rai.

Terlebih, peristiwa itu terjadi di saat usai mengantar penumpang untuk boarding ke pesawat. Kemarin para petinggi Air Port seperti Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali-Nusra , GM PT Angkasa Pura , CO GM SBU Cabang Ngurah Rai, GM AirNav Indonesia di Denpasar bertemu Cok Ace.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali-Nusra Elfi Amir mengatakan dari hasil investigasi ditemukan lemahnya quality control pemeliharaan bus hingga kurangnya pengetahuan pengemudi terkait penggunaan alat pemadam api ringan (APAR) dalam situasi darurat.

“Dapat disimpulkan beberapa hal berikut berkaitan dengan kebakaran APB, meliputi lemahnya quality control terhadap pemeliharaan APB PT Gapura Angkasa, kurangnya kepatuhan terhadap regulasi terkait peralatan Ground Support Equipment (GSE) khususnya Apron Passanger Bus (APB), dan kurangnya pengetahuan pengemudi APB untuk menggunakan APAR dalam kondisi darurat,” aku Amir di ruang kerja Wagub.

Menanggapi hal tersebut, Wagub Cok Ace menghimbau seluruh otoritas bandara agar selalu melakukan perawatan dan bahkan peremajaan terhadap kendaraan yang digunakan untuk melayani penumpang.

“Saya tidak ingin hal ini terulang kembali, terlebih posisi bus terbakar tersebut dekat dengan terminal dan hal itu sangat membahayangan para penumpang, untuk itu saya minta selain dilakukan peremajaan juga dilakuka evaluasi dalam memarkirkan bus agar tidak terlalu dekat dengan terminal”, ungkap Cok Ace yang juga menjabat sebagai Ketua PHRI Bali tersebut. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.