The news is by your side.

Bali Masih Miliki Pemukiman Kumuh Hingga Puluhan Hektare, Ini Lokasinya

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – Meski dikenal sebagai daerah tujuan wisata terbaik di Indonesia bahkan dunia, namun Bali juga masih menyisakan persoalan lain yang hingga kini bahkan belum tertangani semua. Salahsatunya adalah kawasan pemukiman kumuh yang mencapai puluhan hektare di sejumlah tempat.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Bali I Nyoman Sutresna menjelaskan, program Kotaku bermaksud untuk membangun sistem yang terpadu untuk penanganan kumuh, dimana pemerintah daerah memimpin dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam perencanaan maupun implementasinya, serta mengedepankan partisipasi masyarakat. Hal ini dilakukan agar kawasan pemukiman kumuh bisa tertangani.

Program Kotaku di Bali tahun ini  pihaknya akan melakukan pendampingan pada lima kabupaten/Kota, yakni Kota Denpasar, Badung, Gianyar, Buleleng dan Klungkung. Ada 130 Desa/Kelurahan yang akan disentuh program Kotaku di lima Kabupaten/Kota tersebut.

Dari SK Bupati/Walikota, total luas wilayah kumuh di Bali tahun 2016 mencapai 465,870 Ha. Melalui  program Kotaku sejak 2016, hingga kini luas kawasan kumuh yang telah tertangani seluas 198,679 Ha, dan sisanya seluas 67,177 Ha belum tertangani.

Ia melanjutkan, tujuan program Kotaku selain meng-zero-kan kumuh melalui proses baseline 1000-100, juga mengajak masyarakat untuk menyusun perencanaan penataan lingkungan mereka melalui fasilitasi pendampingan dan konsultan Kotaku. “Disertai pula dengan advokasi pemberdayaan masyarakat dalam hal mengenali masalah kumuh dan mencari solusi pemecahannya,” jelasnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.