The news is by your side.

Banyak Pendukung Ditahan, Gerindra Nilai Pertemuan Jokowi-Prabowo Penting

0

Oleh: Ahmad ZR  |

Balicitizen.com, Jakarta – Pertemuan atau upaya rekonsiliasi antara Prabowo dan Jokowi dianggap sangat penting untuk diwujudkan. Pertemuan ini juga untuk menuntaskan pendukung Prabowo yang tersandung kasus hukum.

Politikus Partai Gerindra, Andre Rosiade, mengatakan, pertemuan bukan untuk kepentingan jatah menteri, tapi untuk membantu ratusan pendukung Prabowo yang masih bermasalah secara hukum akibat pelaksanaan pemilu kemarin.

“Ada (pendukung) yang ditahan, juga menyelasaikan kasus yang melanda ulama karena kontestasi pemilu,” kata Andre di Jakarya, Selasa (2/7).

Politikus asal Sumatera Barat itu menegaskan, Partai Gerindra tetap akan mengambil peran sebagai oposisi. Ini dilakukan sebagai kontrol terhadap jalannya roda pemerintahan selama lima tahun mendatang. “Tolong jangan asal mem-bully dan berprasangka negatif. Kami bukan pengkhianat,” ujarnya.

Sementara, analis politik dari Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, dalam sistem demokrasi, kelompok oposisi berperanan penting dalam membangun keseimbangan atau “checks dan balances” pada pemerintahan. Menurut dia, mekanisme penyeimbang itu dibutuhkan untuk mewujudkan tata kelola dan penyelenggaraan pemerintahan yang terkontrol.

“Sehingga pemerintahan yang sedang berkuasa tidak ‘keluar jalur’ dan bertindak sewenang-wenang,” kata Pangi Syarwi di Jakarta, Selasa (2/7).

Menurut dia, kelompok oposisi juga harus memperkuat diri untuk memaksimalkan peran mereka sebagai penyeimbang kekuasaan. Mekanisme “checks and balances”, kata dia, harus dipandang sebagai satu kesatuan yang utuh dan tidak terpisahkan dari sistem demokrasi itu sendiri. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.