The news is by your side.

Bawaslu Bali Tanggapi Caleg Nasdem yang Diduga Langgar Aturan Dana Kampanye

0

Oleh: Rosid   |

Balicitizen.com, Denpasar – Komisioner Bawaslu Bali I Wayan Wirka mengatakan masih mengkaji apakah laporan dari seorang warga bernama Gede Suardana yang melaporkan Caleg terpilih DPRD Bali dari Partai NasDem Dapil Buleleng Dr. Somvir layak diregistrasi atau tidak.

“Betul ada masyarakat yang bernama Gede Suardana telah melaporkan Caleg  Nasdem Dapil Buleleng atas nama Dr. Somvir. Pelapor melaporkan Dr. Somvir karena diduga telah melaporkan Pemasukan dan pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK)  tidak sesuai dengan Peraturan KPU terkait dengan Dana Kampanye Jo Pasal 496 dan 497 Undang-undang Pemilu. Laporan kami terima pada hari Kamis tanggal 20 Juni sekitar pukul 14:30 Wita,” jelas Wirka saat dikonfirmasi pada Jumat (21/6).

Koordinator Divisi Penangan Pelanggaran Bawaslu Bali ini mengatakan, pihaknya perlu melakukan kajian awal terlebih dahulu untuk menilai apakah laporan itu layak untuk diregistrasi.

“Terhadap laporan tersebut kami akan membuat kajian awal untuk menilai apakah laporan telah memenuhi syarat formil dan materil untuk kami registrasi,” ujar Wirka.

Ia melanjutkan, jika sudah memenuhi syarat untuk diregistrasi, selanjutnya pihaknya akan membahasnya bersama Sentra Gakkumdu (pembahasan melibatkan pihak Kejaksaan dan Kepolisian)

“Sekiranya telah memenuhi (syarat formil dan materil) maka kami akan registrasi dan selanjutnya kami akan bahas bersama Sentra Gakkumdu untuk menentukan apakah laporakan tersebut ditindaklanjuti ke tahap penyelidikan atau tidak. Kami masih punya waktu dua hari kerja untuk melakukan kajian,” jelasnya.

Sebelumnya Somvir kembali dilaporkan ke Bawaslu Bali, Kamis (20/6). Ia dilaporkan Gede Suardana, atas dugaan Pelanggaran Laporan Penerimaan Dan

Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.