The news is by your side.

BMKG Prediksi Musim Hujan Mulai Oktober, 10 Hingga 30 Hari

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Badung – Musim hujan di Bali diprediksi akan mundur selama 10 hingga 30 hari pada tahun ini. Diperkirakan musim hujan akan tiba pada bulan November dan Desember yang mana segarusnya terjadi pada Oktober.

“Terjadi kemunduran awal musim hujan. Kemunduran bervariasi ada yang 10-20 hari. Rata-rata 2-3 dasarian,” kata Rahmat Prasetia, Kepala Stasiun Klimatologi Jembrana di Kantor BMKG Wilayah III Denpasar, Rabu (11/9).

Ia menjelaskan mundurnya musim hujan dipengaruhi masih kuatnya angun monsun Australia. Hal ini menyebabkan masa udara kering dari Australia masih dominan di bulan September.

“Ini masih kuat sekali sehingga Oktober kita seharusnya sudah hujan nanti mundur 10-20 hari menjadi akhir Oktober dan September,” kata dia.

Sementara untuk puncak musim hujan diprediksi terjadi pada Januari hingga Februari 2019.

Untuk itu diimbau kepada para petani yang sawahnya radah hujan untuk tidak terburu-buru mengolah lahannya. Pasalnya jika bulan-bulan ini turun hujan maka diprediksi tidak akan ada hujan lagi hingga November mendatang.

“Jangan buru-buru turun ngolah tanah saat ada hujan sehari dua hari. Padahal habis itu tak ada hujan sama sekali. Disarankan akhir Oktober olah tanah November untuk yang tadah huja,” katanya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.