The news is by your side.

Bocah Kelas 1 SD di Bali Ini Kayuh Sampan Seberangi Sungai Sendirian Demi Sekolah

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Bangli – Dalam tiga hari terakhir ini viral di media sosial bocah SD seberangi danau sendirian naik sampan demi bisa sekolah. Setiap hari kegiatan berbahaya ini dia lakukan demi bisa sekolah.

Dia adalah I Gede Agus Wardika (10), siswa kelas IV SDN 1 Terunyan. Tinggal di Pondokan Waru, Desa Terunyan, Bangli mengharuskan Wardika sehari-hari harus mengayuh sampannya seorang diri untuk bisa sampai ke sekolahnya dengan jarak tempuh mencapai setengah jam, belum lagi Ia harus melanjutkan dengan jalan kaki. Meski demikian, anak sulung dua bersaudara dari pasangan suami istri Putu Wardana dengan Ni Nengah Sudiani ini ternyata salah satu siswa berprestasi di sekolahnya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Putra membenarkan adanha bocah ini.

Dewa Mahendra menuturkan jika Wardika sudah biasa mengayuh sampan seorang diri sejak dua tahun silam. Sementara adiknya Kadek Ervan Sugianto (6) diantar oleh sang ayah kesekolah menggunakan sampan juga.

“Karena tidak ada akses jalan menuju ke sekolah, pada saat kelas satu Wardika diantar oleh bapaknya. Tapi sejak kelas dua, dia sudah biasa sendiri mengayuh perahu ke sekolah yang jaraknya cukup jauh,” cerita Dewa Mahendra.

Dewa Mahendra menambahkan, saat ini biaya pendidikan Wardika ditanggung oleh keluarga dekatnya. Hal ini karena orang tua Wardika bekerja serabutan, sehingga mengalami kendala biaya.

“Sampai tamat SD, dia sudah ditanggung keluarga. Nanti mulai dia SMP sampai tamat SMA, kita akan bantu biaya sekolahnya,” ujar mantan Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali ini. Pihaknya sudah menemui bocah ini beserta keluarganya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.