The news is by your side.

BPN Sebut MK Punya Wewenang Mendiskualifikasi Pasangan Capres

0

Oleh: Rudi Hasan  |

Balicitizen.com, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) dianggap punya kewenangan untuk mendiskualifikasi pasangan calon presiden dan wakilnya. Mengenai hal ini, Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak menyebut petitum itu tidak salah alamat.

“Justru kalau ada statement yang mengatakan itu bukan wewenang MK itu keliru,” ujar Dahnil di Jakarta, Sabtu, (15/6).

Menurut dia, yurisprudensi terkait diskualifikasi jamak dilakukan. Misalnya dalam pemilihan kepala daerah. Mereka yang tak taat aturan bisa dianulir partisipasinya dan otomatis gugur sebagai calon.

Dahnil menyebut petitum itu sudah satu paket dengan 14 butir tuntutan lain. Tidak melebihi kewenangan MK sebagai lembaga yudikatif, dan Dahnil meminta semua pihak tak berasumsi.

Sebab semua keputusan terkait sengketa hasil pilpres bukan didasari asumsi, atau argumen pihak lain. Semuanya murni wewenang MK. Sehingga lebih baik menunggu sikap mahkamah sebelum berasumsi.

“Kita hormati saja keputusan hakim. Kan selama ini TKN juga ngomong kita serahkan saja ke MK, segala macam. Jadi setop memproduksi tuduhan itu,” ujar Dahnil. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.