The news is by your side.

Bukan Hanya di Bali, Desa Wisata Juga Dikembanhkan di Daerah Ini

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Tabanan – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI terus mengembangkan sejumlah desa wisata di Indonesia. Selama ini yang sudah berjalan baik ada di Bali.

Hal ini mengemuka dalam pelatihan Peningkatan Kapasitas Usaha Bidang Home Stay yang digelar Kementerian Pariwisata di Desa, Marga, Kabupaten Tabanan, selama dua hari kemarin.

Dalam kegiatan berlangsung selama dua hari itu, diikuti kurang lebih sekitar 50 pengelola dan pemilik home stay di Kabupaten Tabanan dengan menghadirkan sejumlah narasumber dan udangan.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kemenpar Wisnu Bawa Tarunajaya mengatakan, pemerintah melalui Kemenpar mengembangkan sejumlah desa wisata daerah lain, bukan hanya di Bali yang memang sudah dikenal sebagai tujuan favorit wisata dunia. Antara lain misalnya, ada di sejumlah desa di Danau Toba, kemudian di wilayah Borubodur, ada juga di Toba, Toraja dan lainnya.

Menurut dia pengembangan home stay untuk desa wisata dengan memanfaatkan hunian warga, akan mampu berdampak langsung terhadap masyarakat desa. Hal ini selaras dengan tujuan pemerintah dalam mendorong berkembangnya ekonomi kerakyatan.

“Kalau untuk daerah Bali sudah banyak contohnya yang kita tahu. Di Yogya juga ada yang bagus,” ujarnya.

Hanya saja kata dia, ke depan agar masing-masing desa wisata yang ada agar mampu berkembang mesti mengubah paradigma lama. Yakni dari kompetisi berubah menjadi kolaborasi membangun sinergisitas antara satu dengan lainnya. “Kalau kompetisi, justru akan timbul iklim persaingan yang tidak sehat, untuk saling meniadakan. Ini yang kami tidak inginkan terjadi,” tegasnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.