The news is by your side.

Bule Sempat Hilang di Gunung Agung

0

Penulis: Rosid

Nekat mendaki Gunung Agung ditengah larangan untuk mendekati radius 4 kilometer, seorang Bule Russia bernama Aleksandr (28) dilaporkan menghilang oleh tiga rekannya yang ikut mendaki.

Balicitizen.com, Denpasar- Empat orang bule yang melakukan pendakian tanpa izin yakni Alvis (27) Warga Negara Perancis, Sergey (30) Warga Negara Ukraina, dan Jhon (30) warga negara Ukraina dan Aleksandr dari Rusia. 

Aleksander sempat hilang. Sedangkan ketiga rekannya berhasil turun melapor ke Polsek Rendang bahwa salah satu rekannya menghilang saat melakukan pendakian

Keempat Bule beda negara ini tinggal di dua tempat berbeda yakni dihotel kawasan Ubud dan Canggu.

Terkait aksi keempat bule tersebut, Ketua Pasebaya I Gede Pawana sangat menyayangkan aksi melanggar rekomendasi dari PVMBG.

“Kita menyayangkan akai mereka, padahal sudah jelas dilarang pendakian dan beraktivitas diradius 4 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung,” ujarnya.

Evakuasi seorang bule berkewarganegaraan Rusia berlangsung alot, lokasi ditemukan diperkirakan sejauh 1,5 kilometer dari puncak kawah Gunung Agung.

Meski sudah ditemukan kondisi bule bernama Aleksandr (28) tersebut masih belum bisa dipastikan lantaran upaya evakuasi masih berlangsung hingga siang ini, Jumat (25/01) pukul 12.54 wita.

Upaya evakuasi juga cukup dipersulit dengan munculnya fenomena awan “Altocumukus Lenticularis” dimana sangat berbahaya bagi para pendaki lantaran menyebabkan suhu didaerah yang terkena dampak awan ini menjadi sangat dingin dan bisa menyebabkan hypothermia. 

“Ya adanya awan ini tentunya cukup mengganggu Proses evakuasi,” kata Wayan Suwena salah satu kordinator SAR Denpasar.

Jalur evakuasi sendiri dilakukan dijalur Temukus tepatnya di daerah Tunggul Besi, Besakih. Tim evakuasi yang tergabung dari berbagai unsur seperti SAR, BPBD, Polda sendiri dibagi menjadi tiga tim untuk melakukan pencarian. ( ros / ari )

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.