The news is by your side.

Cara Cek IMEI di iPhone dan Android

0

Oleh: Eko P  |

Balicitizen.com, Jakarta – Untuk melihat nomor IMEI di masing-masing perangkat ponsel berbeda-beda. Hal ini tak lepas dari adanya software atau perangkat lunak yang dipakai masing-masing produsen.

Namun, secara garis besar ada dua OS atau operating system/sistem operasi yang digunakan produsen gadget di dunia saat ini. Yakni, OS Android besutan dan IOS milik Apple.

IMEI ponsel sebenarnya bisa dilihat pada bagian luar kotak dus perangkat dan bisa juga ditempel di belakang perangkat atau ponsel yang kita beli. Penjual menerakan stiker yang berisi nomor IMEI. Namun terkadang kita abai soal hal ini.

Nah, ada cara singkat melihatnya yakni dengan melakukan ketikan manual di keypad kode *#06# di menu telepon. Biasanya nomor IMEI akan langsung muncul.

Bila gagdet memiliki fasilitas SIM ganda maka akan muncul dua nomor IMEI. Sebab, pada masing-masing slot memiliki nomor IMEI sendiri-sendiri.

Sementara, jika anda hendak mengecek nomor IMEI lewat menu pengaturan atau system hp Android atau IOS (iPhone), berikut ini panduannya :

Cek IMEI Android
Cari menu Settings – About Phone – Cari Status atau kode IMEI.

Cek IMEI di iPhone (IOS)
Setting – General (Umum) – About. Biasanya Apple menyertakan nomor IMEI di laman informasi ini.

Dari 15 digit nomor IMEI yang muncul, kalian bisa langsung mengeceknya di situs resmi Kementerian Perindustrian www.kemenperin.go.id/imei.

Masukkan nomor IMEI ke situs ini dan akan muncul keterangan apakah nomor IMEI ponsel terdaftar atau tidak. Jika nomor IMEI perangkat tidak terdaftar, berarti ponsel yang kalian miliki masuk ke Indonesia lewat jalur tidak resmi alias ponsel black market (BM).

Operator akan melakukan pemblokiran layanan telekomunikasi baik telepon, SMS maupun internet bila IMEI ponsel ternyata tidak terdaftar di Kemenperin.

Ponsel ilegal yang telah digunakan pengguna memang tidak akan langsung terblokir oleh operator dan masih bisa dipakai. Namun, masa waktunya hanya dua tahun saja. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.