The news is by your side.

Cuaca Ekstrem Bawaslu Minta Caleg Tak Sembarang Pasang APK

0

Penulis: Heru Siswanto

Sejumlah pohon tumbang dalam tiga hari terakhir ini. Angin kencang membuat sejumlah baliho juga ambruk.

Balicitizen.com, Denpasar-Angin kencang disertai hujan terjadi dihampir disemua wilayah Bali. Tak jarang angin kencang menyebabkan pohon tumbang hingga merenggut korban jiwa.  

Tak hanya pohon, banyak baliho para caleg roboh akibat angin kencang. Seperti yang terlihat disekitaran Jalan Imam Bonjol , Teuku Umar dan Jalan Gunung Soputan Denpasar. Terkait hal tersebut, Bawaslu Bali menganggap baliho kewenangan dari masing-masing calon. “Selama masa kampanye, semua baliho caleg atau alat peraga kampanye (APK) sepenuhnya menjadi tanggungjawab peserta pemilu,” terang Anggota Bawaslu Bali Kade Wiarsa Raka Sandi, Jumat (25/01).

Tahapan kampanye Pilkada 2019 sangat panjang. Begitu pun dengan cuaca yang tak menentu. Sehingga, APK bisa saja roboh terkena angin kencang disertai hujan. Disamping itu, para caleg tak memperhatikan pemasangan APK. “Kami menghimbau agar peserta Pemilu betul-betul memperhatikan dan melakukan pemeliharaan atau perawatan terhadap APK yang telah dipasang,” tandasnya. 

Untuk itu, para caleg dihimbau untuk tidak sekedar memasang baliho. Namun, juga harus memperhatikan teknik pemasangannya. Disisi lain, dengan pemasangan yang benar, bisa menghindari roboh dan tidak membahayakan orang siapa pun ataupun lalu lintas didekatnya.

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Bali I Gede John Darmawan menambahkan, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 23 Tahun 2018, bahwa proses penertiban alat peraga kampanye bukan menjadi ranah KPU lagi. Masa kampanye  cukup panjang dan APK sepenuhnya menjadi tanggungjawab penuh peserta Pemilu.  KPU tetap berharap semua caleg yang memasang APK memperhatikan secara penuh semua APK. Terlebih lagi musim hujan dan cuaca yang tidak menentu. “Kita tidak punya kewenangan menertibkan tetapi kita berharap semua peserta memperhatikan semua APK yang dipasangnya, jangan sampai memakan korban akibat cuaca yang tidak menentu,” pungkasnya. ( wan / ari )

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.