The news is by your side.

Dari 60 Juta UMKM, Baru 3,7 Juta yang Pakai Alat Digital

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – SVP and Regional Managing Director US-Asean Business Council, Ambassador Michael W. Michalak mengatakan Indonesia berada di posisi 85 dalam Global Innovation Index, tidak berubah dari tahun lalu, yang artinya membutuhkan perbaikan.

Menurutnya berdasarkan data BPS, UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. “Namun dari 60 juta UMKM hanya 3,79 juta yang menggunakan alat digital,” ujarnya dalam the 1st US-Asean Business Council Indonesia Innovation Series & SME Workshop di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, kemarin.

Itu sebabnya melalui acara ini US-ABC Indonesia ingin menjembatani sektor swasta, pemerintah, akademisi dan umum untuk membangun kapasitas UMKM di Indonesia. “Tema acara ini adalah pemberdayaan inovasi, kreativitas dan peningkatan bakat untuk pertumbuhan nasional sesuai dengan prioritas Presiden RI Joko Widodo di periode kedua ini,” kata Michalak.

Ia menilai modal manusia merupakan pondasi utama perekonomian Indonesia.

Acara yang didukung oleh beberapa perusahaan digital AS dan digelar serangkaian dengan Hakteknas 2019 ini menghadirkan narasumber melalui video conference Kepala BKPM Thomas Lembong dan dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Sugawa Korry dan pejabat Menristekdikti, Pemprov Bali dan perwakilan Forkopimda Provinsi Bali. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.