The news is by your side.

Desa Seminyak Hasilkan Rp150 Juta dari Olah Sampah Selama Sebulan

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Kuta – Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Desa Seminyak, Badung mampu membuktikan jika sampah bisa menghasilkan rupiah yang cukup besar. Bahkan selama sebulan saja, tempat ini mampu menghasilkan Rp150 juta.

TPST Desa Seminyak kini menjadi percontohan nasional. Pemprov Bali mendorong desa-desa lain, khususnya yang mewilayahi objek wisata mencontoh apa yang telah dilakukan Desa Seminyak.

Ketua TPST Desa Seminyak Komang Ruditha Hartawan mengatakan bahwa kendala yang paling sulit dalam pengelolaan sampah adalah mengubah mindset masyarakat agar mau melakukan pemilahan.

Namun hal itu tak membuatnya patah semangat. Melalui sosialisasi dan pendekatan, kesadaran masyarakat Desa Seminyak dalam melakukan pemilahan sampah telah menunjukkan tanda-tanda peningkatan.

TPST Seminyak saat ini mengolah 149 meter kubik sampah setiap harinya yang sebagian besar merupakan sampah hotel. Dari total sampah yang masuk setiap harinya, 60 persen didaur ulang menjadi pakan ternak, kompos atau barang lapak yang bisa dijual.

“40 persennya adalah residu yang kita buang ke TPA Suwung,”ujarnya. Berdiri sejak tahun 2003, saat ini TPST Seminyak memiliki omzet Rp. 130 juta-Rp. 150 juta per bulan. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.