The news is by your side.

Diperkirakan 10 Hektare Lereng Gunung Agung Sudah ‘Dikuasi’ Api

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Karangasem – Diperkirakan sekitar 10 hektare area kawasan hutan lindung yang berada di lereng Gunung Agung Karangasem, Bali sudah dikuasi alias sudah dilalap api. Kebakaran ini sudah berlangsung sejak akhir Agustus 2019 lalu.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa memperkirakan luas lereng yang terbakar sekitar 10 hektare.

Dalam pemadaman kebakaran hutan ini, ia mengaku memang ada kesulitan. Pertama yakni medan yang sulit dan terjal. Kemudian area yang mendekati 4 kilometer dari puncak Gunung Agung.

Jadi dalam penanganannya yakni dengan membuat sekat bara. Caranya yakni membersihkan area sekitar 1 meter di tempat yang akan dilalui api. Jadi api tidak merembet lebih luas.

“Kalau pemadaman api di hutan dipastikan tak bisa. Jadi kami hanya membuat sekat-sekat. Anggaplah ada rumput, kita buat satu meter kita hilangkan rumputnya biar tak merambat. Api akan berhenti, tapi tergantung angin karena api bisa lompat jika anginnya besar,” kata dia.

Sebelumnya, kawasan hutan lindung di Dusun Belong dan Dusun Pucang, Desa Ban, Kabupaten Karangasem dalam dua minggu terakhir ini beberapa kali alami kebakaran.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan titik api pertama kali terlihat pada 27 Agustus silam. Petugas gabungan kemudian membuat sekat untuk menghambat titik api semakin meluas. Kemudian pada tanggal 2 September api sudah tak nampak lagi.

Kemudian dua hari yang lalu, titik api kembali muncul yakni di Dusun Belong dan Dusun Pucang, Desa Ban. Ia menduga munculnya api karena masih ada sisa bara dari kebakaran sebelumnya. Ari/Balicitiizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.