The news is by your side.

Dua Hari Volume Sampah di Denpasar Tambah 200 Ton

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Volume sumpah di Denpasar meningkat 40 % saat Hari Suci Galungan dari hari-hari biasanya. Data dri Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar mulai Jumat (19/7) hingga Kamis (25/7) volume sampah meningkat sekitar 160-200 ton dari hari normal yakni 400-500 Ton/hari.

Kadis DLHK Kota Denpasar, I Ketut Wisada mengatakan lonjakan volume sampah sudah diprediksi. Pihaknya menyiagakan petugasnya dengan menambah jam kerja serta lembur. Sedikitnya 13 TPS dan  1.450 tanaga kebersihan yang disiagakan bersama 40 armada truk yang dibantu moci di masing-masing kecamatan dan desa/kelurahan.

“Kami bersinergi dengan semua elemen hingga desa/lurah guna menangani sampah hari besar keagamaan yakni Galungan, Kuningan ini,” jelas Wisada, Jumat (26/7).

Wisada mengatakan sampah didominiasi bahan organik yang sebagian besar disebabkan oleh sampah sisa upacara dari rangkaian janur. Pihaknya mengatakan bahwa peningkatan volume sampah ini akan ditangani hingga Kota Denpasar kembali bersih.

Wisada menghimbau kepada masyarakat untuk turut andil meminimalisisr jumlah sampah saat hari raya. Hal ini dapat dilakukan dengan pemilahan sampah organik dan anorganik sebelum dibuang.

“Kami turut mengajak masyarakat untuk andil dalam menjaga kebersihan dengan memilah sampah dan membuang sampah sesuai dengn jam yang dianjurkan oleh swakelola sampah, sehingga sampah tidak menumpuk di pinggir jalan, dan kerjasama ini sangat penting menuju Kota Denpasar yang bersih dan asri,” pungkasnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.