The news is by your side.

Erupsi, Lontaran Lava Pijar Gunung Agung hingga 2 Kilometer

0

Oleh: Hari Santosa   |

Lontaran ini teramati ke berbagai penjuru arah. Warga kaki gunung sempat panik dengan suara gemuruh yang ditimbulkannya.

Balicitizen.com, Denpasar – Kamis (4/3) malam dini hari tadi, Gunung Agung menunjukkan geliatnya lagi. Letusan yang terjadi pada pukul 01.31 Wita, sempat membuat panik warga di areal kaki gunung lantaran terdengar keras suara gemuruh. Bahkan lontaran lava pijar tercatat sampai sejauh 2 kilometer.

Akibat erupsi kali ini, pada pagi hari sejumlah desa terlihat jelas tumpukan abu di halaman rumah. Bahkan, pijaran lava yang keluar dari kawah gunung agung sempat membuat panik umat Hindu yang melakukan persembahyangan di Pura Besakih.

Dari laporan pihak PVMBG

Pos Pengamatan Gunungapi Agung di Desa Rendang Karangasem, merilis erupsi gunung setinggi 3.142 (mdpl), ini terlihat jelas asap kawah bertekanan sedang.

“Warna asap hingga kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 2.000 meter di atas puncak kawah. Juga teramati letusan dengan tinggi 2.000 meter,” tulis petugas di pos pantau, Kamis (4/4).

Erupsi kali ini terekam adanya kegempaan dengan durasi 217 detik. “Teramati lontaran batu atau lava pijar yang menjangkau jarak radial hingga 2.000 meter dari kawah ke segala arah,” imbuhnya.

Pun demikian pihaknya masih tetap merekomendasi daerah ancaman bahaya masih dalam radius 4 km dari jarak puncak kawah. Dipastikan hingga saat ini status Gunung Agung masih pada Level III (Siaga). Ari/Balicitzen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.