The news is by your side.

Fadli Zon Ucapkan Ultah ke Jokowi, Singgung Utang sampai Gorbachev

0

Oleh: Mujahir   |

Balicitizen.com, Jakarta – Ucapan Selamat lang tahun (ultah) untuk Joko Widodo (Jokowi) kemarin banyak diberikan para tokoh politik. Tidak ketinggalan juga Wakil Ketua DPR, Fadli Zon. Ia turut memberikan selamat kepada presiden Joko Widodo yang genap berumur 58 tahun.

“Mudah-mudahan di usia ke-58, beliau bisa melihat bahwa keadaan bangsa ini masih sangat memprihatinkan dan masih banyak anak bangsa seperti hari ini yang menuntut keadilan,” ucap Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (21/6).

Tak hanya itu, Fadli juga mengkritik pemerintahan Jokowi yang menurutnya belum ada kebijakan yang bisa dikenang. Dia bahkan menyoroti utang negara.

“Saya kira seorang pemimpin itu dinilai ketika berkuasa, itu apa yang dia lakukan, legacy. Legacy-nya apa? Dia mau dikenang sebagai apa? Mau dikenang sebagai pemimpin yang banyak utang atau pemimpin yang berhasil membawa pembangunan atau pemimpin yang betul-betul dicintai rakyat atau tidak?” kata dia.

Dia kemudian membandingkan pemerintahan Jokowi dengan pemimpin Uni Soviet kala itu, Mikhail Gorbachev. Gorbachev disanjung-sanjung di luar, tapi di dalam negeri tidak dikenang, karena hanya membuat Uni Soviet terpecah-belah, hancur, dan disintegrasi.

“Seorang pemimpin mau dikenang karena legacy-nya, apa yang ditinggalkannya? Yang ditinggalkan apakah suatu kejayaan atau yang ditinggalkan itu suatu misery, penderitaan, misalnya utang, hidup makin susah, cari pekerjaan susah,” ucapnya.

Menurut Fadli, pemimpin itu dinilai dari apa yang ditinggalkannya. Jika sekadar ingin kekuasaan, lanjutnya, orang bisa berkuasa dengan cara-cara curang.

“Dulu rezim-rezim diktator, dengan senjata dia berkuasa bisa. Jadi inilah pesan ulang tahun saya untuk Pak Jokowi,” kata Fadli. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.