The news is by your side.

Festival Barong Rebutkan Hadiah Puluhan Juta Rupiah

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Badung – Taman Ayun Barong Festival kategori Superstar merupakan bagian dari Taman Ayun Barong Festival Regeneration and Superstar 2019. Total ada 15 peserta, masing-masing bapang barong dan makendang tunggal.

Khusus kategori superstar, menarungkan para juara I dari berbagai kompetisi bapang barong dan makendang tunggal. “Jadi di sini top of the top-lah,” ujar Panglingsir Puri Ageng Mengwi, AA Gde Agung.

Menariknya, bapang barong dan makendang tunggal bukan satu tim, sehingga terjadi ‘tarung bebas’. Dengan demikian, kemampuan peserta betul-betul diuji. “Mereka tampil melalui sistem undi. Sehingga antara bapang dan tukang kendangnya asalnya bisa saja berbeda,” jelasnya.

Perlombaan kategori superstar dibagi dalam dua sesi. Hari pertama menampilkan tujuh peserta. Sementara pada hari kedua menampilkan delapan peserta. Di samping kategori superstar, siang harinya telah dibuka Taman Ayun Festival Regeneration pada pukul 13.00. Pada hari pertama pesertanya adalah siswa SD dengan jumlah 15 orang, masing-masing untuk bapang barong buntut dan makendang tunggal. Sementara pada hari kedua pesertanya adalah siswa SMP.

Para juara akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat yang ditandatangani Pangslingsir Puri Ageng Mengwi dan Bupati Badung serta dana pembinaan. Untuk bapang dan makendang SD, Juara I mendapat dana pembinaan Rp 2 juta, Juara II Rp 1,5 juta, dan Juara III Rp 1 juta. Kemudian, bapang dan makendang SMP, Juara I mendapat dana pembinaan Rp 3 juta, Juara II Rp 2 juta, dan Juara III Rp 1,5 juta.

Nah, untuk kategori superstar, bapang barong Juara I akan mendapat dana pembinaan Rp 10 juta, Juara II Rp 7 juta, dan Juara III Rp 6 juta. Sedangkan makendang tunggal, Juara I Rp 7 juta, Juara II Rp 6 juta, dan Juara III Rp 5 juta. Sementara untuk harapan, seluruhnya akan mendapat sertifikat. “Kami berterima kasih atas dukungan dari Pemkab Badung, khususnya Bapak Bupati yang telah bersedia membuka langsung kegiatan ini” tegas Gde Agung. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.