The news is by your side.

Fragmen Raja Waturenggong Buka Penampilan PKB

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar –  PKB ke 41 tahun ini dibuka dengan pagelaran berjudul ‘Bali Padma Bhuana’ oleh ISI Denpasar.

Fragmen sendratari yang mengisahkan Raja Dalem Waturenggong yang memimpin Bali di abad ke-16, dengan upaya-upayanya untuk menjaga kesejahteraan dan kebahagiaan rakyatnya. Antara lain, dengan melaksanakan upacara Nangluk Merana dan Eka Dasa Rudra serta meneladani kearifan raja-raja sebelumnya.

Selanjutnya sejumlah penampilan dari berbagai daerah akan secara bergantian ditampilkan di panggung Art Center Denpasar.

Gubernur Bali Wayan Koster mengajak seluruh krama Bali bergembira dan bersukacita dalam gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun ini.

“Jadikan ajang PKB ini sebagai pestanya rakyat Bali, dimana semuanya bergembira, bersatu dan berangkulan. Kita tebarkan kedamaian melalui

tradisi, seni dan budaya kita yang adiluhung,” kata Gubernur Koster dalam sambutannya pada Malam Gelaran Pembukaan PKB ke-41 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Art Centre, Denpasar, Sabtu (15/6) malam.

Kesenian di Bali disebut Koster, bagaikan oksigen yang bisa dihirup di mana-mana, sebagai sebuah media untuk memahami Bali dengan sejati. “Meskipun ada dinamika di masyarakat, selalu ingat bahwa seni bisa menyatukan kita kembali. Seni adalah media terbaik bagi kita untuk mencapai persatuan itu,” ujarnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.