The news is by your side.

Gedung Parlemen Dihiasi Ornamen Khas Papua dan Toraja

0

Oleh: Azhar AP  |   

Balicitizen.com, Jakarta – Gedung Kompleks Parlemen dihiasi ornamen Indonesia bagian Timur, menyambut acara Sidang Paripurna MPR RI dengan agenda tunggal pelantikan Presiden-Wakil Presiden 2019-2024, Minggu sore (20/10).

Berdasarkan pantauan di lapangan, hiasan ornamen Indonesia Timur tersebut terpasang di tiang-tiang Gedung Nusantara III seperti gambar burung Cenderawasih, dan rumah adat Tongkonan atau rumah adat masyarakat Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Ornamen Indonesia Timur tersebut dibalut kain panjang berwarna merah-putih yang menggambarkan semangat keIndonesiaan. Di dekat lobi Gedung Nusantara II, terdapat tulisan besar “Pelantikan Presiden 2019-2024” yang menjadi objek swafoto para pengunjung di Kompleks Parlemen.

Di samping tulisan besar “Pelantikan Presiden 2019-2024”, terdapat stand foto yang disediakan untuk para tamu yang ingin mengabadikan momen saat berkunjung ke Gedung DPR.

Suasana alam dengan berbagai bunga dan dedaunan dipilih sebagai penghias, mulai dari eskalator hingga depan Ruang Paripurna, tempat pelantikan presiden dan wapres. Selain itu, suasana merah putih juga terlihat di berbagai sudut gedung tempat pelantikan presiden dan wapres.

MPR RI sudah menetapkan jadwal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, pada hari Minggu (20/10), pukul 14.30 WIB.

Segala persiapan telah dilakukan, mulai dengan mempercantik Gedung MPR/DPR/DPD RI, kepastian lancarnya jalan acara peresmian dengan menggelar gladi bersih, kepastian tamu undangan yang hadir, hingga kesiapan pihak keamanan agar acara berjalan lancar.

Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono mengaku tidak ada tema khusus. “Ini ‘kan MPR menjalankan tugas-tugas konstitusi saja. Yang jelas, hanya pelantikan presiden dan wapres agenda utamanya,” katanya.

Menurut dia, pelaksanaan pelantikan presiden dan wapres sudah diatur semua tata upacaranya dalam peraturan dan tata tertib MPR RI. Dengan begitu, tidak harus dikhususkan karena memang ini hanya agenda tunggal pelantikan presiden-wakil presiden. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.