The news is by your side.

Gerindra Mau Rekonsiliasi Asal Habib Rizik Dipulangkan dan Bebaskan Tahanan Ini

0

Oleh: Mujahir   |

Balicitizen.com, Denpasar – Rekonsiliasi yang ditawarkan Gerindra punya banyak syarat. Syarat itu dari pulangkan Habib Riziek sampai dengan bebaskan para tahanan yang sebelumnya ditangkap selama pemilu 2019.

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan, kepulangan Habib Rizieq Shihab tidak bisa menjadi satu-satunya syarat rekonsiliasi antara Prabowo Subianto dan Joko Widodo (Jokowi). Hal itu dikarenakan banyak ulama dan ratusan pendukung Prabowo pada Pilpres 2019 yang ditangkap.

“Bukan hanya itu (kepulangan Rizieq). Kemaren kan banyak ditahan-tahanin, ratusan orang,” kata Muzani, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/7).

Selain itu, Muzani mengatakan bahwa Jika Prabowo dan Jokowi sepakat untuk mengagendakan pertemuan, maka harus mempunyai dampak besar bagi masyarakat. Salah satunya, rekonsiliasi harus menjadi jalan penyatuan kembali perbedaan yang timbul selama Pilres 2019.

Dia mengatakan, saat ini banyak masyarakat yang merasa terusik dengan penangkapan para tokoh, ulama maupun tokoh politik. Jika benar niat pemerintah ingin meredam potensi perpecahan maka semua tokoh yang ditangkap harus dibebaskan, untuk menghilangkan rasa dendam.

“Itu yang kita sampaikan pada kawan-kawan bahwa rekonsliasi, islah, penyatuan, itu akan terjadi sebagai sesuatu yang genuine tidak boleh ada proses kriminalisasi, dan seterusnya,” kata dia.

Muzani melanjutkan, Prabowo tidak menutup kemungkinan untuk bertemu dengan Jokowi. Menurut dia, kedua tokoh tersebut sampai saat ini masih aktif berkomunikasi.

“Pertemuan itu akan terjadi. Memang komunikasi antara pihak Pak prabowo dan Pak jokowi terjadi, sedang saling mencocokkan,” ucapnya.

Meski begitu, Muzani tidak bisa memastikan kapan pertemuan Prabowo Dan Jokowi akan terwujud. Ini terkendala kesibukan masing-masing.

“Bisa lebih cepat di bulan-bulan ini, bisa agak lambat. Tapi yang pasti terus terang saya belum bisa memperkirakan karena kesibukan keduanya sangat padat sekali,” kata Muzani. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.