The news is by your side.

Golkar Bali Dorong Gerakan Kolektif Masyarakat Tangkal Corona

2

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – Virus corona hingga saat ini masih menjadi ancaman sejumlah negara termasuk Indonesia. Di Bali sendiri langkah pencegahan terus dilakukan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster.

Menanggapi sejumlah langkah yang dilakukan oleh Gubernur Koster, Partai Golkar Provinsi Bali menghargai upaya Gubernur Bali Wayan Koster dalam menghadapi dampak virus Corona di Bali, yang menekankan pada dua hal, yaitu maksimalisasi faktor pendorong, dan meminimalisir faktor penekan.

Faktor pendorong itu salah satunya dengan insentif, menggerakkan investasi pemerintah, merelisasikan proyek-proyek pemerintah.

Kendati demikian, upaya tersebut belumlah cukup. Menurut Golkar, perlu ada gerakan kolektif dari masyarakat untuk mencegah virus Corona ini di Bali.

Dengan demikian tidak ada kepanikan yang melanda masyarakat, dan orang luar Bali berani datang ke Pulau Dewata ini, karena melihat masyarakat di sini baik-baik saja di tengah mewabahnya virus Corona di luar Bali.

“Di samping faktor pendorong dan penekan tadi kami berharap upaya menangani dampak corona ini adalah munculnya sebuah gerakan yang muncul dari masyarakat itu sendiri. Walaupun kita dorong adakan festival, dan sebagainya, tapi kalau keberanian orang tidak timbul untuk datang maka sudah tentu itu sia-sia, tidak maksimal,” kata Ketua DPD partai Golkar Provinsi Bali I Nyoman Sugawa Korry didampingi
Sekretaris I Made Dauh Wijana, di Denpasar, Jumat (6/3).

Yang dimaksudkan dengan gerakan masyarakat ini adalah bagaimana masyarakat itu dilibatkan untuk berperan aktif mencegah wabah Corona. Misalnya, di sekolah, guru dan siswa mau dites suhu tubuhnya dengan Thermoscanner, dan mencuci tangannya dengan Hand Sanitizer.

Demikianpun mereka yang masuk ke pasar, mall, bandara dan tempat-tempat keramaian lainnya. Masyaralat perlu disadarkan dalam gerakan bersama untuk melakukan hal tersebut.

Karena itu Golkar Bali mendorong Pemprov Bali maupun Pemerintah Kabupaten/Kota menggunakan dana tanggap darurat dalam APBD-nya, untuk gerakan pencegahan yang melibatkan partisipasi masyarakat. Untuk Pemprov Bali, ada Rp15 Miliar dana tanggap darurat yang dinggarkan dalam APBD tahun 2020.

Dana itu bisa digunakan untuk membeli Hand Sanitizer dan thermoscanner untuk ditempatkan di pusat-pusat keramaian.

“Jadi ada dana tanggap darurat di APBD itu, cairkan itu untuk menggerakkan masyarakat, seperti semua sekolah dikasi thermoscaner untuk mengukur suhu tubuh, Hand Sanitizer. Kemudian juga di pasar-pasar, tempat-tempat keramaian, termasuk bandara, sehingga kalau internasional melihat kesiapan kita seperti ini orang berani, tidak ragu-ragu ke sini. Peran pemerintah menyediakan anggaran dan alat-alatnya kemudian memberikan edukasi, dan mendorong semua pihak ini menjadi sebuah gerakan masyarakat,” katanya.

Gerakan masyarakat ini bisa membangkitkan keberanian orang luar untuk datang ke pulau Dewata. “Gerakan masyarakat ini. mematahkan keraguan pihak luar. Bali harus menjadi pilot project, menjadi contoh bahwa kita bersama seluruh masyatakat siap. Karena kita memandang itu (virus Corona) bukan ditakuti,” kata Sugawa Korry.

Di sisi lain, adanya dampak dari Virus Corona ini bisa menjadi jeda untuk dilakukan pembenahan dan recovery pariwisata di Bali.

“Karena itu bagi kami partai Golkar, Corona tidak perlu ditakuti, asal diantisipasi dengan baik. Tidak perlu kita takut apalagi panik karena kita sudah diajarkan biasa melalui proses recovery, jeda,” pungkas Sugawa Korry. Ari/Balicitizen

Berita Terkait
2 Comments
  1. sukiyaki says

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi..
    jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu
    segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach…
    bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.
    Click Disini

  2. jessi says

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys…

Leave A Reply

Your email address will not be published.