The news is by your side.

Gubernur Janjikan Regulasi Perlindungan Mata Air di Bali

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – Gubernur Bali Wayan Koster menjanjikan bakal menggodok regulasi terkait  perlindungan mata air, sungai, danau dan pantai di Bali. Dengan begitu diharapkan segala sumber air yang ada di Pulau Dewata akan terjaga.

“Air punya makna yang mendalam di Bali. Air adalah sarana upacara. Selain (sebagai) sumber air minum dan kebutuhan sehari-hari. Untuk itu perlu dijaga dengan sebaik-baiknya,” terangnya.

Terkait kebersihan lingkungan udara, mantan anggota DPR RI tiga periode ini segera menerbitkan kebijakan tentang pembangkit listrik energi terbarukan hingga mobil dan motor listrik. “Kita mau udara di Bali ini bersih dan sehat, airnya juga sehat, makanannya juga sehat, lewat pertanian organik. Sehingga visi kita yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali, untuk menjaga kesucian alam Bali sekala dan niskala, bisa tercapai,” harapnya.

Pihaknya pun sangat menyadari untuk mewujudkan hal tersebut, bukanlah perkara mudah. Sangat dibutuhkan komitmen dan kerja keras. Oleh sebab itu, ia bekerja secara sungguh-sungguh tiap hari demi tersusunya regulasi yang akan menjadi pondasi pembangunan semesta berencana menuju Bali Era Baru.

“Akhir tahun ini saya targetkan semua kerangka kebijakan sudah rampung, sehingga tahun 2020, saya akan mulai turun ke masyarakat,” jelas dia.

Tak ingi berhenti di situ,  Gubernur Bali kelahiran Desa Sembiran, Buleleng ini, juga tengah menggodok peraturan terkait pengelolaan sampah dari skala rumah tangga hingga berjenjang. Tujuannya supaya semua limbah sampah tidak tertumpuk Tempat Pembuang Akhir (TPA).

“Selama ini kita salah mengelola, karena sampah ujungnya ditumpuk di satu tempat,  di kota lagi. Untuk itu ke depan akan dicanangkan regulasi yang mengatur pengolahan dan pemisahan sampah mulai dari hulunya. Pergub ini sudah hampir selesai, jadi doakan saja,” katanya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.