The news is by your side.

Gubernur Papua Ancam Cabut Beasiswa Mahasiswa

0

Oleh: Achmad Syaiful  |

Pospapua.com, Jayapura – Gubernur Papua Lukas Enembe mengancam akan mencabut beasiswa mahasiswa yang menolak kembali ke kota studi untuk melanjutkan pendidikan di berbagai wilayah Indonesia.

Pemerintah Papua mencatat 300 mahasiswa dibiayai negara dengan menggunakan dana Otonomi Khusus (Otsus). Ratusan mahasiswa ini tersebar di berbagai kota studi di wilayah Indonesia.

“Kalau mereka tidak mau, saya akan hentikan semua beasiswa yang bersumber dari Otsus Papua, tapi kalau beasiswa dari sumber lain atau dana pribadi, saya tak tahu,” kata Lukas Enembe di Jayapura, Selasa (24/9).

Enembe mengingatkan kepada mahasiswa eksodus yang telah berada di Papua harus kembali ke kota studi masing-masing. Pemerintah Papua telah menyiapkan transportasi untuk mengembalikan mahasiswa ke kota studi.

“Kita berharap kehadiran mereka ini tidak membuat tindakan kriminal, itu yang kita minta, jangan ada lagi karena sudah banyak korban. Di Wamena korban banyak, tidak boleh ada lagi tindakan yang merugikan orang banyak,” tuturnya.

Menurut Enembe, sejumlah mahasiswa yang masih berada di luar Papua dilaporkan akan pulang menyusul rekan-rekannya yang sudah berada di Papua. Namuna, dia mengaku tidak mengetahui maksud dan tujuan mahasiswa tersebut.

“Saya sudah beberapa kali mengundang mereka tapi tidak datang. Sampai sekarang mereka masih menunggu teman-teman yang akan pulang. Mereka pulang untuk tujuan apa, saya tidak tahu,” cetusnya.

Gubernur dua periode ini kembali mengingatkan kepada mahasiswa agar tidak pulang ke Papua dan melakukan aksi yang menggangu ketertiban umum, apalagi bertindak anarkis.  “Saya sudah bilang tidak boleh ada lagi anarkis. Akhirnya merugikan pribadi dan orang Papua. Mahasiswa harus siap dikembalikan ke Kota Studi,” tandasnya. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.