The news is by your side.

Gunakan Resep Warisan Bung Karno, PDI-P Bali Sosialisasikan Pengolahan Bahan Pangan Pengganti Beras

0

Oleh: Redaksi   |

Balicitizen.com, Denpasar

Masyarakat perlu diperkenalkan bahan pangan pokok berbasis potensi lokal alam Bali sebagai pengganti beras yang selama ini menjadi bahan pangan pokok yang dikonsumsi masyarakat. Apalagi di tengah situasi pandemi Covid-19 ini, masyarakat bisa mengolah bahan pokok lokal Bali sebagai pengganti beras.

Untuk tujuan dimaksud, DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali akan melaksanakan sosialisasi pengolahan bahan pangan substitusi (pengganti) bahan pokok berbasis potensi lokal alam Bali.

Menariknya, pengolahan bahan pangan pokok pengganti ini menggunakan resep Mustika Rasa warisan Bung Karno.

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan peringatan Bulan Bung Karno yang dilaksanakan DPD PDI perjuangan Bali.

Ketua Umum Panitia Pelaksana Peringatan Bulan Bung Karno DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack mengatakan, penyelenggaraan Bulan Bung Karno tahun ini diisi dengan berbagai kegiatan yang sejalan dengan prioritas pembangunan Provinsi Bali dan pelaksanaan disesuaikan dengan situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19.

“Salah satu kegiatan yang penting yaitu sosialisasi pengolahan bahan pangan substitusi bahan pokok berbasis potensi lokal alam Bali berdasarkan resep Mustika Rasa warisan Bung Karno,” kata Dewa Jack di Kantor DPD PDI perjuangan Provinsi Bali, Rabu (24/6).

Ketua Fraksi PDI perjuangan DPRD bali ini mengatakan, tujuan sosialisasi ini adalah memperkenalkan secara luas kepada masyarakat tentang tata cara pengolahan bahan pokok pangan substitusi bahan pokok berbasis potensi lokal alam Bali berdasarkan resep Mustika Rasa warisan Bung Karno.

“Menggali kearifan lokal Bali terutama bahan-bahan substitusi pangan
Contohnya kita punya di Bangli Umbi-umbian, bagaimana kita mengolah Umbi-umbian ini menjadi makanan pengganti beras dalam situasi Covid-19,” jelas Dewa Jack.

Koordinator Daerah Kegiatan Sosialisasi Bahan Pangan ini, I Made Ramia Adnyana menjelaskan, sosialisasi ini dilaksanakan secara serentak oleh DPC PDI Perjuangan Kabuaten/Kota se-Bali pada Jumat (26/6) mulai jam 09.00 Wita.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan melakukan demo memasak secara virtual (Virtual Live Cooking Demo) dengan menampilkan lima menu yang diambil dari buku Mustika Rasa Warisan Bung Karno.

“Kegiatan demo masak secara virtual ini dapat disaksikan secara langsung melalui akun Zoom atau live streaming melalui akun Youtube. Kegiatan ini dilakukan secara virtual secara serentak di seluruh DPC se-Bali. Jadi ada 9 DPC,” jelas Ramia Adnyana.

Ia menjelaskan, kegiatan demo memasak secara virtual seperti ini baru pertama kali dilaksanakan oleh PDI Perjuangan sebagai partai pelopor untuk menyosialisasikan pengolahan bahan pangan pokok pengganti beras sebagai alternatif pangan, yang mudah di dapat di lingkunganya, dan bagaimana cara mengolahnya secara cepat dan mudah.

“Kami mengharapkan masyarakat umum dapat menonton demo memasak secara virtual ini secara langsung dengan bergabung di akun Zoom dan live streaming melalui akun Youtube agar memberi pengetahuan kepada masyarakat umum terkait bahan pangan pokok pengganti beras agar dapat bertahan di masa pandemi Covid-19 ini,” ujarnya.

Ia melanjutkan, kegiatan ini penting dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat dan menyosialisasikan bahan pangan substitusi. “Untuk memperkenalkan secara luas tata cara pengolahan bahan pangan berbasis potensi lokal Bali berdasarkan resep Mustika Rasa Bung Karno. Supaya masyarakat tidak bingung bahwa kita harus makan beras saja, tidak begitu. Masih banyak bahan pangan substitusi yang bisa kita dapatkan di areal kita di sekeliling kita yang bisa kita olah dan tentu mengandung vitamin yang bisa meningkatkan imun kita terutama untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini,” katanya.

“Kami akan menampilkan lima menu pilihan, contoh Bangli mungkin mengangkat tema Ketela sebagai bahan pokoknya, nanti akan diambilkan menu-menu tambahan yang mengikuti dari buku Mustika Rasa warisan Bung Karno itu,” lanjut Ramia Adnyana.

Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut, pihaknya bekerja sama dengan DPD Indonesian Chef Association (ICA) Bali. Sejumlah Chef akan ditugaskan di DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota se-Bali saat kegiatan itu digelar. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.