The news is by your side.

Hasil Pemerikasaan Terakhir Bayi Kembar Siam di RS Sanglah, Jantungnya Menyatu

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – Bayi kembar siam anak dari pasangan suami- istri Kadek Redita (24) dan Putu Ayu Sumadi (18) koni berusia 61 hari. Kondisi terbarunya masih stabil dan hingga kini keduanya belum dipisahkan.

Penanganan terbaru telah dilakukan pemeriksaan aneografi. Hasilnya diketahui jantung kedua bayi ini ternyata menyatu meski ada dua jantung yang berbeda. Selain itu kondisi jantung keduanya juga ada lubang antara jantung satu dengan yang lain.

Dirut RSUP Sanglah, I Wayan Sudana mengatakan selanjutnya pihaknya akan mendiskusikannya lenij lanjut dengan tim ahli dari RS Dr Soetomo Surabaya.

“Harus didiskusikan lebih lanjut dengan tim surabaya. Apkaabah bisa dipisahkan atau tidak. Hasil diskusi dengan tim di Surabaya yang lebih brpengalaman diharapkan dalam waktu cepat ada laporan dari Surabaya,” kata dia di RSUP Sanglah, Rabu (4/9).

Selain itu, organ lain yang menyatu adalah hati dan beberapa organ lainnya. Kendati menyatu, kedua bayi ini memiliki organ sendiri-sendiri.

“Disamping jantunya berhubungan, livernya juga jadi satu tetapi empedu masing-masing punya dan saluran lainnya masing-masing punya,” kata dia.

Ia menekankan bahwa bayi ini bisa dikatakan bertahan atau sirvival jika dilihat dari bertmbahnya berat badan dan kondisinya. Data yang diperoleh berar badan sekarang 5,1 kg. Selain itu suhu normal, pernapasan membaik serta gerak dan tangis normal. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.