The news is by your side.

Hasilkan 400 Ton Sampah Plastik Sehari, Bali Undang Investor untuk Mengolahnya

0

Oleh: Riki Z   |

Balicitizen.com, Denpasar – Pemprov Bali mencatat ada 400 ton sampah plastik yang dihasilkan warga setiap harinya. Karena itu, sejumlah peluang kerjasama kini dibuka dan mempersilakan sejumlah lembaga untuk mengolah sampah plastik menjadi energi.

Upaya Bali untuk mengurangi sampah plastik adalah Pemerintah Provinsi Bali mengeluarkan kebijakan strategis berupa Peraturan Gubernur Bali (Pergub) No.97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. Namun hal ini tentunya belum 100 persen berhasil mengatasi permasalahan sampah plastik yang ada di Bali, untuk itu Pemerintah Provinsi Bali membuka peluang bagi masyarakat maupun investor ikut memberikan solusi dalam penanganan sampah plastik, sehingga tujuan Bali bebas sampah plastik dapat segera terwujud.

Demikian terungkap dalam sambutan Gubernur Bali Wayan Koster yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati dalam Konferensi Pers Yayasan “Race For Water”, bertempat di Tanjung Benoa.

Wagub Cok Ace dalam sambutan tersebut memberikan apresiasi dan menyambut baik Yayasan “Race For Water” yang memilih Bali sebagai tempat berlabuh dan memberikan edukasi terkait solusi penanganan sampah plastik khususnya di lautan. “Terlebih Bali sebagai salah satu destinasi pariwisata dunia kita harus cepat bergerak dan mencarai solusi, bagaimana cara untuk mengurangi sampah plastik ini, sehingga potensi Bali sebagai destinasi wisata dunia tidak terkubur dengan adanya sampah plastik, ”ujarnya Rabu (12/6).

Untuk itu, ia berharap yayasan yang memiliki teknologi dalam mengolah limbah plastik menjadi energy listrik dapat menjadi salah satu solusi yang bisa diadopsi oleh Bali dalam mengurangi sampah plastik. “Kedepan kita akan bekerjasama dengan salah satu Kabupaten terlebih dahulu sebagai pilot project dalam penerapan teknologi ini,“ ungkapnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.