The news is by your side.

Ingin Maju dari Independen, Segini Jumlah Suara yang Harus Diraih di Denpasar

1

Oleh: Ari   |   

Balicitizen.com, Denpasar – Tahun 2020 Pilkada serentak bakal digelar di 6 kabupaten kota di Bali, Denpasar termasuk di dalamnya. Ada dua jalur yang bisa dipilih untuk maju mendaftar sebagai cabup atau cawali, yakni diusung partai politik dan kedua melalui jalur independen.

Pasangan calon perseorangan harus memenuhi syarat dukungan masyarakat yang jumlahnya tentu tak sedikit. Dukungan itu berbasis KTP. Untuk Pemilihan Walikota (Pilwakot) Denpasar, pasangan calon perseorangan harus mengumpulkan dukungan sebanyak 8,5 persen dari total daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan KPU Denpasar.

Dengan menggunakan DPT pada pemilu 2019 sebanyak 464.132 pemilih, maka pasangan calon perseorangan Pilwakot Denpasar harus mendapat dukungan sebanyak hampir 40.000 KTP. “Persyaratan 8,5 persen dari jumlah DPT yang ditetapkan oleh KPU Kota Denpasar. DPT Kota Denpasar pada pelaksanaan pemilu terakhir yakni pemilu 2019 kemarin sebanyak 464.132. Jadi syarat dukungan calon perseorangan paling sedikit 39.452 kalau 8.5 persen (dari DPT),” jelas Komisioner KPU Denpasar SibroMulissyi.

Lizzy, demikian sapaan mantan Ketua pemuda Muhammadiyah Provinsi Bali ini kemudian menjelaskan tahapan pendaftaran hingga petapan pasangan calon perseorangan. Pengumuman untuk calon perseorangan pada 25 November hingga 8 Desember 2019. Selanjutnya, penyerahan persyaratan dukungan mulai 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020. Tahapan selanjutnya adalah verifikasi administratif dan verifikasi faktual terhadap persyaratan dukungan yang dilakukan oleh KPU Denpasar. Ari/Balcitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. […] Artikel ini dikopi dari sumber yang dapat dikunjungi disini […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.