The news is by your side.

Ingin Usir Lemak Perut, Lakukan 10 Jenis Olahraga Ini

0

Oleh: Prima Prabowo   |

Balicitizen.com, Jakarta – Menjadi aktif secara fisik memiliki dampak besar pada lemak perut. Olahraga membantu membakar kelebihan kalori. Dan menurut Johns Hopkins University, aktivitas fisik sangat membantu untuk membakar lemak perut karena menurunkan tingkat sirkulasi insulin, yang mengurangi kecenderungan tubuh untuk menahan lemak.

Daripada bekerja keras di treadmill yang ada di pusat kebugaran (gym), bermain olahraga adalah cara yang menyenangkan untuk tetap aktif, membangun kebugaran kardiovaskular dan kekuatan otot dan langsingkan pinggang Anda. Pilih olahraga paling intens untuk mendapatkan hasil metabolisme terbesar untuk uang Anda. Apa saja jenis olahraga itu?

Balapan Lari

Apakah Anda berlatih untuk perlombaan atau bersaing dalam perlombaan, Anda akan membakar banyak kalori saat berlari. Berapa banyak yang akan Anda bakar tergantung pada berat badan dan kecepatan lari Anda. Menurut perkiraan Harvard Medical School dilansir laman livehealthy, dalam 60 menit, seseorang dengan berat 155 pon (77,5 kilogram) membakar 670 kalori dengan kecepatan 5,2 mil per jam dan 1.078 kalori dengan kecepatan 8,6 mil per jam.

Tinju dan Kickboxing

Tinju dan kickboxing tidak hanya membuat Anda terlihat garang, aktivitas ini juga membakar banyak kalori. Mengikuti kelas kickboxing, bertanding atau berkompetisi dalam pertandingan tinju dapat membantu 155 pound membakar antara 648 dan 720 kalori per jam, menurut perkiraan dari University of Rochester Medical Center.

Bersepeda di Jalan dan Bersepeda Gunung

Mengayuh dengan santai di sekitar lingkungan tidak akan banyak membantu untuk lingkar pinggang Anda, tetapi bersepeda dengan kecepatan cepat dan di medan yang bervariasi akan membuat keajaiban. Menurut Harvard Medical School, orang dengan berat 155 pon dapat membakar 632 kalori bersepeda gunung selama satu jam dan 744 kalori bersepeda dengan kecepatan 14 hingga 15,9 mil per jam. Semakin cepat Anda menjajakan dan semakin banyak bukit yang Anda panjat, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar.

Renang

Daya tahan yang diberikan oleh air membuat berenang menjadi lebih menantang daripada banyak olahraga darat. Tergantung pada olahraga air yang Anda lakukan, Anda dapat membakar hingga 12 kalori per menit, menurut University of California, Berkeley. University of Rochester Medical Center memperkirakan bahwa orang yang berenang dengan berat 155 pon dengan kecepatan tinggi dapat membakar 720 kalori dalam satu jam.

Panjat tebing

Menarik beban tubuh Anda ke atas tebing atau ke atas dinding panjat tebing bukanlah hal yang mudah. Terutama pada pendakian yang lebih lama, Anda akan merasakan detak jantung Anda melonjak. Harvard memperkirakan bahwa orang dengan berat 155 pon membakar 818 kalori saat naik. Kemungkinan besar, Anda perlu dua jam mendaki untuk membakar jumlah kalori itu, karena apa yang naik juga harus turun.

Angkat Besi

Atlet angkat besi Olimpiade mengangkat muatan besar dalam gerakan ledakan yang membutuhkan banyak energi untuk dieksekusi. Ini sebagian karena angkat besi Olimpiade menggunakan kelompok otot besar dan menggabungkan gerakan yang biasanya dilakukan sebagai angkatan tunggal di gym. Itu adalah peningkatan metabolisme yang sangat besar yang tidak hanya dapat membakar banyak kalori saat Anda mengangkat, tetapi juga meningkatkan metabolisme Anda dalam beberapa jam setelah latihan Anda karena konsumsi oksigen pasca-latihan, atau EPOC ditulis oleh American Council on Exercise.

Mendayung Beregu

Menarik dayung melalui air membuat aktivitas olahraga yang sangat tangguh yang dapat membangun otot dan membakar kalori untuk metabolisme tubuh Anda. Pembakaran kalori lebih sulit untuk dinilai ketika Anda kru dengan tim, tetapi ketika Anda berlatih dengan pendayung stasioner di gym Anda dapat berharap untuk membakar rata-rata 632 kalori dengan kecepatan tinggi, tergantung pada berat badan Anda, menurut ke Harvard Medical School.

Pertandingan Basket

Aksi tanpa henti dari pertandingan basket lapangan penuh bisa membuat Anda basah kuyup. Ini juga dapat membantu Anda meringankan tubuh. Menurut Pusat Medis Universitas Rochester, orang dengan berat 155 kilogram dapat membakar sekitar 576 kalori dalam satu jam permainan.

Sepak Bola

Gerakan eksplosif yang terlibat dalam sepak bola kompetitif memicu metabolisme yang tinggi, dan daya tahan untuk bertahan sepanjang pertandingan juga membutuhkan banyak energi. University of Rochester Medical Center memperkirakan bahwa orang dengan berat 155 pound membakar 648 kalori per jam selama sepak bola yang kompetitif. Latihan dan kegiatan pelatihan juga bisa menjadi pembakar kalori yang besar.

Silahkan pilih satu jenis olah raga di atas yang Anda senangi, lalu mulailah membakar lemak perut…

( Ari/INI/Balicitizen )

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.