The news is by your side.

Ini Alasan Polresta Soal Pembubaran Demo Mahasiswa Papua di Bali

0

Oleh: Ari    |

Balicitizen.com, Denpasar – Polresta Denpasar memberikan keterangan soal dibubarkannya aksi demonstrasi puluhan mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) yang berencana menggelar aksi di depan Konsulat Jenderal Amerika Serikat, di Denpasar, Sabtu (6/7).

Puluhan mahasiswa ini gagal ke lokasi aksi Konjen AS setelah baru jalan beberapa meter di Lapangan Renon, Denpasar sudah dihadan polisi, serta sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas).

Kabag Ops Polresta Denpasar, Kompol Nyoman Gatra mengatakan apa yang dilakukan oleh AMP dalam orasinya sudah dianggap melanggar ketentuan menyampaikan aspirasi di depan umum. Menurutnya, mereka menyerukan perpecahan.

“Aksi mereka bukan yang pertama kali. Pernyataannya juga itu-itu saja. Kalau dikaitkan dengan undang-undang penyampaian pendapat sebenarnya sudah melanggar. Dalam poin ayat 6 poin 5 tak boleh menyerukan anti persatuan. Polisi berbuat tegas sudah bisa. Tapi mereka masih melakukan,” katanya.

AMP sempat berorasi sebentar sebelum dibubarkan. Orasi mereka berkaitan dengan menuntut negara bertanggung jawab atas kejahatan kemanusiaan di Papua Barat. Termasuk menuntut negara dalam Biak Berdarah pada 1998 silam. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.