The news is by your side.

Ini Penjelasan Kementerian Kelautan soal Fenomena Terdamparnya Ribuan Ikan di Bali

0

Oleh: Rosid   |

Balicitizen.com, Denpasar – Ribuan ikan terdampar pada Selasa (16/7) dini hari di Pantai Batu Bolong, Badung. Apa sesungguhnya yang terjadi dengen fenomena ini?

Kepala Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) KKP, Denpasar, Suko Wardono menjelaskan bahwa pihaknya sudah pernah melakukan pengecekan di lokasi tersebut sekitar 3 Juli yang lalu. Pasalnya sebelumnya juga pernah terjadi hal serupa.

Dari hasil pemeriksaan, ia memastikan jenis ikannya adalah lemuru. Menurutnya, pada saat ini sedang musim ikan lemuru atau sedang banyak-banyaknya di lokasi tersebut.

Kemudian di sekitar pantai ada sebuah warung memasang lampu dan menyorot ke arah laut. Sifat ikan lemuru menurutnya sangat tertarik dengan cahaya. Sehingga, kerumunan ikan itu mendekati ke arah pantai.

“Memang sekarang sedang musim ikan lemuru dan dua minggu lalu juga ada. Kemudian, saking banyaknya ikan kebetulan sifat ikan ini tertarik sama cahaya,” kata dia saat dihubungi, Selasa (16/7).

Jadi saat ada cahaya ikan mendekatinya. Kemudian ikan-ikan tesebut ada yang terhempas ombak hingga ke pantai. Atau terseret ombak dan tertinggal saat ombak surut.

“Karena memang sedang musim ikan saja. Terangsang sehingga mendekat ke arah bibir pantai. Mungkin ada terhempas dan surut sehingga tertinggal,” katanya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.