The news is by your side.

Inilah 11 Seniman yang Diganjar Penghargaan Abdi Seni di PKB 2019

0

Oleh: Ari  |  

Balicitizen.com, Denpasar – Sebanyak 11 seniman diberikan penghargaan sebagai pengabdi seni pada Kamis (5/7) malam kemarin bertempat di acara Pesta Kesenian Bali (PKB) di Art Center Denpasar. Mereka diberikan penghargaan atas pengabdiannya dalam dunia seni.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali I Wayan Adnyana menyampaikan, pemberian penghargaan ini merupakan wujud apresiasi terhadap para seniman yang berperan aktif dalam pelestarian dan pengembangan seni.

Pada perhelatan PKB kali ini, Pempov menganugerahkan penghargaan bagi 11 pengabdi seni dari berbagai bidang. Mereka adalah seniman sastra dari Badung Dewa Putu Gingsir, seniman ukir telor dari Bangli I Nyoman Sukanta, seniman tari dan tabuh dari Kabupaten Buleleng Anak Agung Gede Ngurah Agung Pemayun. Kemudian I Nyoman Suarsa (Seniman Tari dari Kota Denpasar), I Wayan Sugita (Seniman Drama Gong dari Kabupaten Gianyar), I Komang Arsana (Seniman Sastra Daerah dari Kabupaten Jembrana), Ida Ayu Karang Adnyani Dewi (Seniman Tari dari Kabupaten Karangsem) dan Ida Bagus Ketut Wedana (Seniman Sastra dari Kabupaten Klungkung). Tiga nama terakhir berturut-turut adalah I Ketut Suada Seniman Tari dariTabanan), Wayan Gulendra (Seniman Lukis ISI Denpasar) serta I Wayan Senen (Seniman Karawitan dari Yogyakarta). Mereka memperoleh piagam penghargaan dan bantuan masing-masing sebesar Rp 10 juta .

Esensi dari pemberian penghargaan pengabdi seni tahun 2019 kata dia bukan semata-mata nilai materi yang diterima, namun penghormatan dan pengakuan terhadap jasa-jasa seniman agar bisa diketahui dan menjadi contoh bagi generasi muda. “Dengan demikian segala jasa serta pengorbanan para seniman tersebut dapat diteladani oleh generasi muda demi keberlanjutan seni dan budaya Bali,” paparnya. Dalam kesempatan itu, para pengabdi seni menunjukkan kepiawaian untuk menghibur undangan dan masyarakat yang memadati Gedung Ksirarnawa, Art Center Denpasar. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.