The news is by your side.

Jaksa KPK Buka Rekaman Telepon Mentri Agama soal Suap Jabatan, Begini Isinya

0

Oleh: Azhar Ap  |

Balicitizen.com, Jakarta – Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdul Basir memutarkan rekaman percakapan antara Mentri Agama Lukman Hakim Saifuddin dengan Staf Khususnya, Gugus Joko Waskito.

Hal ini mengemuka saat Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menghadiri sidang tipikor dalam kasus suap jual beli jabatan di Kementerian Agama yang melibatkan nama Ketum PPP Romahurmuziy alias Romi.

Dalam sidang itu, Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdul Basir memutarkan rekaman percakapan antara Lukman Hakim Saifuddin dengan Staf Khususnya, Gugus Joko Waskito. Suara rekaman tersebut menyebutkan bahwa Lukman meminta Gugus menanyakan pada Ketua Umum PPP, Romi, terkait nasib Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Timur dan Kakanwil Kemenag Sulawesi Barat.

“Cepat tanyakan ke Ketum, untuk Sulbar bagaimana? Kanwil Sulbar, lalu Jawa Timur bagaimana?” Tanya Lukman pada Gugus.

“Inggih-inggih (iya-iya),” jawab Gugus yang juga kader PPP itu.

Lukman mengakui bahwa suara tersebut suara dia dengan Gugus. Rekaman percakapan tersebut telah membantah apa yang pernah dikatakan Lukman, bahwa dirinya tidak pernah melakukan intervensi dalam proses seleksi jabatan tinggi di Kemenag. Juga, yang berkaitan dengan Kakanwil Jatim dan Kakanwil Sulawesi Barat.

Selain Lukman, dalam sidang hari ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga diagendakan untuk di dengar keterangannya sebagai saksi dalam kasus yang sama. Tetapi, Khofifah tidak bisa hadir dengan alasan karena ia sedang sibuk mengurusi pernikahan putrinya. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.