The news is by your side.

Kantor Dewan Pers Digeruduk Jokowi Mania

0

Oleh: M Aulia Rahman  |  

Balicitizen.com, Jakarta – Belasan pendukung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mendatangi Kantor Dewan Pers, Jakarta. Kelompok yang menamakan diri Jokowi Mania (Joman) itu melaporkan Majalah Tempo ke Dewan Pers, Senin (16/9), karena memasang karikatur orang nomor satu di Indonesia dengan hidung panjang mirip tokoh kartun anak-anak, Pinokio, di sampul depan.

Ketua Umum Joman, Immanuel Ebenezer, mengatakan bahwa memuat gambar seperti itu dapat diibaratkan sebagai penghinaan terhadap presiden. Ia menyayangkan media ternama itu memproduksi produk jurnalistik seperti itu.

“Gambar pinokio itu penghinaan terhadap simbol negara,” kata Imanuel yang pernah dilaporkan ke polisi karena ujaran kebencian namun tidak sampai ditahan/dihukum. Menurut dia, pengolahan berita dengan memasang gambar seperti itu dapat menciptakan opini di masyarakat, bahwa Joko Widodo adalah seorang pembohong.

“Menggambarkan seorang kepala negara seperti pinokio, mem-framing seakan-akan Jokowi pembohong. Ini kan bahaya untuk pendidikan rakyat,” tuturnya.

Ia meminta agar redaksi Tempo untuk segera mengklarifikasi yang telah menggunakan foto tersebut sebagai pemberitaan. Lalu, permintaan maaf juga harus disampaikan oleh Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Arif Zulkifli.

“Tuntutan kami cuma minta tempo untuk menarik edisi majalah ini. Minta maaf itu juga penting,” paparnya.

Sementara itu, Anggota Dewan Pers, Hassanein Rais, menyatakan akan membahas terlebih dahulu dengan jajaran pimpinan untuk mengusut laporan dari Joman tersebut. “Kami telah menerima aduan dari tim Joman terkait cover majalah Tempo yang background-nya siluet adalah pinokio nanti kami bahas internal dulu,” papar Hassanein.

Ia mengaku akan melakukan pemanggilan kepada kedua belah pihak untuk melakukan mediasi dari persoalan tersebut. “Insya Allah minggu depan kami akan lakukan mediasi. Hasil bagaimana? Situasi tergantung dari Temponnya gimana,” tuturnya. Ari/INI/Balicitizen

 

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.