The news is by your side.

Kasus Caleg Nasdem Masuk ke Tahap Penyelidikan

0

Oleh: Rosid    |

Balicitizen.com, Denpasar – Setelah dilakukan pemeriksaan laporan, kasus dilaporkannya Caleg terpilih DPRD Bali dari Partai NasDem Dapil Buleleng Somvir, dilanjutkan ke proses penyelidikan. Hal ini diperoleh setelah Bawaslu Bali bersama penyidik Kepolisian dan Kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) melakukan pendalaman.

Dalam pemeriksaan tersebut, Dr. Somvir diduga melanggar Pasal 497 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, yang berbunyi Setiap orang yang dengan sengaja memberikan keterangan

tidak benar dalam laporan dana Kampanye, dipidana

dengan pidana penjara paling lama dua tahun dan denda paling banyak Rp24 Juta.

Komisioner Bawaslu Bali I Wayan Wirka menjelaskan, dalam proses penyelidikan nanti pihaknya akan meminta klarifikasi terhadap berbagai pihak yang dianggap mengetahui dugaan tindak pidana pemilu tersebut. “Laporan tersebut akan ditindaklanjuti ke proses penyelidikan atau proses klarifikasi terhadap pihak-pihak yang dianggap mengetahui peristiwa tersebut untuk mencari tahu peristiwa tersebut;” paparnya.

Koordinator Divisi Penangan Pelanggaran Bawaslu Bali ini mengatakan, Sentra Gakkumdu memilki waktu maksimal 14 hari sejak laporan diregistrasi pada 25 Juni, untuk melakukan proses penyelidikan.

Somvir belum bisa diminta tanggapannya. Konfirmasi melalui sambungan telepon tak dijawab.

Sebelumnya Dr. Somvir dilaporkan oleh warga Buleleng Gede Suardana atas dugaan pelanggaran laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK). Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.