The news is by your side.

Kasus Caleg Terpilih NasDem Bali Terancam Dilaporkan ke Surya Paloh

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – Sengketa internal sesama Caleg NasDem Dapil Buleleng untuk DPRD Bali 2019 kembali bergulir di Mahkamah Partai. Kasus ini bahkan bakal dilaporkan ke Surua Paloh selaku Ketua Umum DPP NasDem.

Para pihak yang bersengketa, yakni Caleg terpilih DPRD Bali Dapil Buleleng dari Partai NasDem, Dr Somvir, selaku Termohon, dan enam Caleg NasDem lainnya selaku Pemohon, yakni I Made Arjaya, I Made Teja, Nyoman Mudita, I Gusti Ngurah Wijaya Kusuma, Made Westra dan Nyoman Tirtawan. Mereka dihadirkan dalam sidang yang bermula dari adanya laporan penggunaan dana kampanye ini.

Pelapor menghadirkan saksi dugaan Money Politic yang duduga dilakukan Dr. Somvir selama masa kampanye. Pemohon juga menghadirkan saksi anak di bawah umur tetapi tidak diizinkan oleh Majelis Hakim.

Sidang kali ini belum mengambil keputusan. Mahkamah Partai di tingkat DPP NasDem yang akan memutuskan. “Mahkamah Partai pusat yang akan memutuskan,” kata salah satu pemohon, Nyoman Tirtawan, usai sidang.

Selanjutnya, pemohon meminta Majelis Hakim untuk fokus pada pelanggaran kode etik yang dilakukan Dr. Somvir dalam sengketa ini. Majelis Hakim diminta untuk tidak lagi menggiring persoalan ini ke urusan perselisihan suara.

Menurut dia, pihaknya melaporkan Dr. Somvir dalam rangka menjaga marwah partai. Sebab apa yang dilakukan Dr. Somvir sudah menghancurkan roh Partai NasDem sebagai partai tanpa mahar. “Ini juga fungsi dan tugas Mahkamah Partai. Karena itu sebagaimana permohonan kami, Majelis Hakim Mahkamah Partai NasDem diharapkan memutuskan perkara ini seadil – adilnya, demi marwah partai,” tegasnya.

pihaknya tak menyerah jika Mahkmah Partai tak mengabulkan permohonan mereka. Pihaknya akan mengadukan kasus yang membelit Dr. Somvir itu langsung kepada Ketua Umum DPP NasDem Surya Paloh di Jakarta. “Kita ingin Pak Surya Paloh mendengar langsung persoalan ini, sekaligus mengetahui fakta – fakta yang terjadi di lapangan. Bukan mendengar dari pengurus yang sesungguhnya tidak menyampaikan substansi persoalan secara utuh. Kita yakin, Pak Surya Paloh sebagai Sang Ideolog, tokoh restorasi, dan pendiri partai, tidak ingin NasDem ini dihancurkan oleh orang-orang yang rakus kekuasaan dan menghalalkan segala cara untuk lolos,” paparnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.