The news is by your side.

Kejari Badung Tahan Dua Tersangka Pengemplang Pajak Rp 1,3 M Lebih

1

Oleh: Ari   |

Balicitizen.com, Badung – Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) Kejati Bali menerima berkas pengemplang pajak senilai Rp 1,3 miliar lebih dari kantor pajak . Dua orang masing-masing perusahaan yakni Direktur dan Komisaris langsung dilakukan penahanan di Kejari Badung.

Aspidsus Kejati Bali Nyoman Sucitrawan mengatakan pihaknya sudah menerima pelimpahan tahap 2 kasus ini mulai tahun 2019. Akibat ulah dua pengemplang pajak ini negara dirugikan hingga Rp 1,3 miliar lebih.

Kasus ini terjadi di PT Jaya Bali Sejahtera yang dilakukan oleh tersanga Elfin Rudianto Sitorus

Diduga telah terjadi tindak pidana dibidang perpajakan oleh wajib pajak PT Jaya Bali Sejahtera, NPWP : 66.689.043.9-906.000.

Para tersangka dengan sengaja tidak menyampaikan laporan pajak sebagaimana mestinya.

“Atas perbuatan tersangka, dapat mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 1.344.553.713. Ini sebagimana dimaksud dalam Pasal 39 ayat (1) hurf d atau ke huruf d atau ke huruf i UU No.28 tahun 2007 tentang perubahan ketiga atas UU No.6 tahun 1983 tentang ketentuan umum dan tata cara perpajakan. Jo UU No.6 tahun 1983 sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan UU No.16 tahun 2009 Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP,” urainya.

Selanjutnya tersangka I Made Sudaris di perusahaan yang sama juga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 101.322.963.

Kronologinya kata dia ada perusahaan yang bergerak di bidang jasa kemudian ada kegiatan kontrak tahun 2014, namun transaksinya dilakukan di tahun 2015 dan 2016.

“Dari transaksi itu kemudian menimbulkan PPh yang wajib disetorkan. Namun dari transaksi itu ada pajak yang tidak disetorkan sebesar Rp 1,3 miliar. Jadi ada kegiatan yang tidak benar dan ada yang tidak dilaporkan. Kami sudah memberikan waktu untuk menyelesaikan tanggungannya, ternyata yang bersangkutan tidak bisa menyelesaikannya,” tegasnya.

Maka sesuai peraturan perundangan tentang PPh dengan dasar itu maka pihaknya selaku penuntut umum berwenang melakukan penahanan.

“Supaya memudahkan penyidikan dan juga tidak menghilangkan barang bukti. Ancamannya juga di atas lima tahun, maka kami lakukan penahanan,” terangnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. jessi says

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys…

Leave A Reply

Your email address will not be published.