The news is by your side.

Kenapa Bali Kampanyekan KB 4 Anak, Ini Alasannya

0

Oleh: Riki Z   |

Balicitizen.com, Denpasar – Jika pemerintah pusat mengkampanyekan dua anak cukup, hal ini tidak berlaku di Bali. Di Pulau Dewata ini, Pemprov Bali sedang gencar mengkampanyekan Keluarha Berencana (KB) dengan empat anak cukup.

Lalu apa alasannya?

Angka bonus demografi di Pulau Bali belakangan terus mengalami penurunan, terkait dengan pola pikir sebagian masyarakat di mana memiliki 2 orang anak dianggap sudah cukup, dengan dalih agar tidak merepotkan pihak orang tua.

Menyikapi hal ini, selanjutnya Ketua TP PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster menginginkan ke depan, program Keluarga Berencana (KB) 4 anak di Bali seperti yang sering digaungkan Gubernur Bali I Wayan Koster bisa lebih tersosialisasikan di masyarakat.

“Peran media sangat penting untuk sosialisasi, agar gaungnya lebih besar lagi. Didukung pula sosialisasi langsung, ke desa-desa, ke kantong-kantong masyarakat,” kata Putri Koster dalam audiensinya dengan jajaran Dinas Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil KB) provinsi Bali di Rumah Jabatan Jayasabha, Denpasar, kemarin.

Wanita yang akrab disapa Bunda Putri ini mengakui, selama ini pola pikir 2 anak cukup yang selama berpuluh-puluh tahun dikampanyekan membuat jargon khas Program KB tersebut sudah demikian tertanam di masyarakat. “Namun melihat kondisi di Bali saat ini di mana jumlah orang Bali malah tren-nya menurun, sudah sepantasnya kita kembali pada ajaran leluhur kita yang menganjurkan 4 anak. Yakinlah bahwa anjuran para tetua kita tersebut punya makna yang mendalam, ada pula ungkapan banyak anak banyak rejeki, yang disadari atau tidak memang benar adanya. Janganlah kita lupakan warisan leluhur kita,” ujarnya.

Pihaknya berharap, ke depannya akan banyak aksi nyata untuk program ini  antara lain dengan sinergitas program dan kampanye dengan jajaran Disdukcapil-KB Bali. “Karena ini sangat vital untuk kepentingan masyarakat dan Bali ke depan,” katanya menegaskan. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.