The news is by your side.

Keunikan Tenun Jembrana, Tanpa Sambungan dan Terdaftar di HAKI

1

Oleh: Angga Wijaya   |

Balicitizen.com, Denpasar – Kain tenun Jembrana memiliki banyak kelebihan dibanding produk tenun daerah lain. Kelebihan seperti tanpa ada sambungan dan setiap produknya didaftarkan pada hak atas kekayaam intelektual (HAKI) adalah kelebihan yang jarang dimiliki tenun lain di Bali maupun di Indonesia.

Produk unik khas Jembrana ini diikutkan dalam pameran UMKM Bali Smesco Festival di Jakarta.

Pengrajin Tenun I Ketut Widiadnyana yang juga ketua Kelompok Tenun Putri Mas, Jembrana yang memproduksi kain songket mengapresiasi atas dilaksanakan Bali Smesco Festival. Menurut Widiadnyana, event ini sangat membantu dirinya dan UKM lainnya dalam mempromosikan produk kerajinan.

Songket yang ia produksi memiliki keunggulan tersendiri yakni tanpa sambungan dan setiap produknya tercatat resmi di hak kekayaan intelektual yang diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan HAM. Sehingga dengan adanya pameran ini, maka produk yang ia miliki akan semakin dikenal pasar. “Event ini sangat bagus, sangat membantu kami para pengrajin para pelaku UKM di Bali. Pameran seperti ini sangat efektif guna memperkenalkan produk unggulan kita ke luar Bali. Mungkin untuk durasi penyelenggaraannya bisa lebih lama lagi,” ujarnya.

Widiadnyana pada kesempatan ini menyambut baik rencana Gubernur Bali Wayan Koster akan membuat pusat promosi serupa dengan Smesco Indonesia yang nantinya akan dimanfaatkan untuk para pengrajin dan pelaku UKM lainnya dalam mempromosikan usahanya.

“Saya sangat mendukung rencana Pak Gubernur yang ingin meniru Gedung Smesco Indonesia untuk dibangun di Bali. Karena nantinya tempat ini akan berfungsi sebagai sarana pemasaran produk unggulan provinsi Bali, co-working space, creative space dan office space serta area pameran tentunya. Semoga bisa cepat terealisasi,” harapnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait
1 Comment
  1. Marcella says

    bonus WELCOME CASHBACK 100% dari QQHARIAN , ayo kunjungi QQ harian banyak bonus menanti anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.