The news is by your side.

Klaster Pasar Dominasi Penularan Covid-19 di Bali

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Denpasar – Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan penularan Covid-19 di Bali didominasi dari klaster pasar tradisional pada akhir-akhir ini. Setidaknya ada empat pasar yang jadi klaster penluaran Covid-19.

Ia merinci sejumlah pasar yang menjadi klaster penyebaran Covid-19 yaitu Pasar Kidul Bangli, Pasar Bon Dalem Buleleng, Pasar Kumbasari Denpasar dan Pasar Galiran Klungkung. Belakangan muncul klaster penyebaran baru di dua pasar besar yaitu Pasar Kumbasari Denpasar dan Pasar Galiran Kabupaten Klungkung. Bahkan, klaster Pasar Kumbasari menjadi penyumbang terbesar penambahan angka positif COVID-19 di Kota Denpasar.

Adapun update kasus terkonformasi positif Covid-19 bertambah 49 orang pada Selasa (30/6/2020). Dengan demikian, secara akumulatif pasien positif COVID-19 Provinsi Bali berjumlah 1.493 orang. Pada hari yang sama juga ada tambahan jumlah pasien yang sembuh sebanyak 15 orang sehingga total pasien sembuh hingga saat ini tercatat sebanyak 798 orang.

Terdapat satu pasien COVID-19 meninggal dunia sehingga total pasien yang meninggal menjadi 14 orang. Dewa Indra menyebut, saat ini pasien positif yang masih dalam perawatan (kasus aktif) tersisa sebanyak 681 orang.

“Penambahan 49 kasus masih didominasi oleh penularan karena transmisi lokal. Penambahan kasus positif yang disebabkan transmisi lokal masih didominasi oleh hasil tracing kontak klaster pasar,” kata Dewa Indra dalam keterangan tertulis, Selasa malam.

Agar pengawasan dapat dilakukan dari hari ke hari, Bali akan membentuk Satgas/posko di setiap pasar tradisional baik yang dikelola oleh pemerintah maupun desa adat. Dalam pembentukan satgas/posko ini, pengelola pasar bisa bekoordinasi dan berkolaborasi dengan unsur TNI/Polri, Disperindag dan desa adat. Satgas inilah yang nantinya setiap hari bertugas mengawasi dan mendisiplinkan para pedagang dan pengunjung pasar dalam penerapan protokol kesehatan. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.