The news is by your side.

Komnas HAM Papua Minta KKB Tak Jadikan Masyarakat sebagai Tameng

2

Oleh: Achmad Syaiful   |

Balicitizen.com, Papua – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Perwakilan Papua meminta Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tidak menjadikan masyarakat sebagai tameng saat melakukan tindakan kekerasan. Kepala Kantor Komnas HAM Papua, Frits Ramandey mengkhawatirkan aksi kekerasan KKB menimbulkan jatuh korban dari masyarakat.

“Saya minta kepada Kelompok Sipil Bersenjata (KKB) untuk tidak membabibuta melakukan tindakan – tindakan kekerasan dengan menjadikan masyarakat sebagai tameng yang nantinya mereka (masyarakat) akan menjadi korban,” ujar Frits di Timika, Sabtu (29/2).

Menurut Frits, beberapa rangkaian kejadian yang terjadi ini merupakan siklus kekerasan, di mana kekerasan itu terjadi menggunakan senjata. Komnas HAM pun menyampaikan keperihatinan karena kekerasan di Papua mengakibatkan adanya korban meninggal dunia.

“Sejak lama hak rasa aman bagi orang-orang di wilayah pedalaman sangat terganggu dengan adanya kelompok bersenjata yang terus melakukan tindakan kekerasan dan intimidasi,” bebernya.

Frist menuturkan, dalam definisi Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 menyebutkan bahwa setiap perbuatan seseorang atau kelompok seseorang atau aparat tindakan yang melakukan hilangnya hidup seseorang, maka itu termasuk pelanggaran HAM. “Kelompok bersenjata harus bertanggung jawab atas tindakan kekerasan yang telah mengakibatkan hilangnya nyawa seseorang,” pungkasnya.

Menyingkapi aksi KKB, Frits meminta kepada Bupati, Ketua DPRD maupun stakeholder agar duduk bersama masyarakat adat, ondoafi, kepala suku serta pihak gereja untuk mencari solusi dalam menghentikan kekerasan di tanah Papua. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait
2 Comments
  1. jessi says

    Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Bola165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
    untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Bola165 titik co paling best ya guys…

  2. sukiyaki says

    pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi..
    jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu
    segera aja ke dupa88,net dan jangan lupa join now yach…
    bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan.
    Click Disini

Leave A Reply

Your email address will not be published.