The news is by your side.

Kopi Badung Tembus Pasar Jerman, Jepang, Hingga Dubai

0

Oleh: Ari  |

Balicitizen.com, Badung – Kopi Badung selama ini mampu menembus pasar Eropa dan Asia. Diharapkan kualitas kopi Badung ini tetap dipertahankan, sehingga pasar ekspor bisa terus terbuka.

Plt Kadis Pertanian dan Pangan Badung I Ketut Sudarsana, mengatakan, peringatan hari kopi sedunia yang turut diperingati Pemkab Badung merupakan sebuah gagasan yang muncul mengingat trend kopi semakin mendunia.

Peringatan ini telah dimulai sejak 2015 ditetapkan setiap tanggal 1 Oktober. Menurut data Internasional Coffee Organization (ICO) tahun 2014, Indonesia negara ke-4 sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Selain produksinya terbesar, Indonesia juga menjadi negara yang memiliki varietas kopi beragam yang tiap varietasnya memiliki keunikan masing-masing.

“Hari kopi sedunia diharapkan menjadi wadah untuk mendapatkan pengetahuan mengenai kopi. Kopi tidak sekadar minuman, namun di dalamnya ada profesi dan karya seni, ” katanya dalam peringatan Hari Kopi, Selasa (1/10).

Wabup Badung I Ketut Suiasa mengatakan, secara umum hari kopi sedunia merupakan momen yang ditunggu pencinta kopi. Peringatan ini sebagai ajang mempromosikan produk-produk kopi spesial dan media temu wirasa antara pelaku usaha kopi dengan para penikmat komi. “Peringatan hari kopi sedunia (international coffee day) bertujuan merayakan gerakan meningkatkan produktivitas dan kualitas kopi nusantara, serta mempromosikan peningkatan konsumsi kopi nusantara, ” jelasnya.

Suiasa mengharapkan kepada pelaku industri agar senantiasa menjaga kemitraan dengan petani kopi, mengingat produk kopi Badung telah mampu menembus pasar ekspor seperti Korea, Belgia, Dubai, Jerman dan Jepang. Berbicara tentang kopi, tidak hanya sebatas pada cita rasa dan aroma, namun lebih luas bahwa komoditi ini memberikan peluang terhadap penyerapan tenaga kerja khususnya anak-anak muda yang memiliki talenta untuk berinovasi dalam perkopian. “Saya menyambut gembira dengan diperkenalkannya teh Cascara dari kulit kopi yang telah memiliki pangsa pasar cukup bagus untuk ekspor terutama ke Jepang,” jelasnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.