The news is by your side.

KPK Bakal Umumkan Tersangka Baru Kasus E-KTP, Siapa?

0

Oleh: Rudi Hasan  |

Balicitizen.com, Jakarta – Kasus korupsi kelas kakap dalam perkara pengadaan KTP elektronik atau E-KTP bakal kembali bergulir. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumkan calon tersangka baru, siapa dia?

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, memastikan pihaknya bakal merilis tersangka baru dalam kasus korupsi pengadaan e-KTP. Namun, dia meminta semua pihak bersabar menunggu pengumuman itu.

“Ada dari pengusaha, ada dari birokrat,” ujar Agus di Jakarta, Senin (1/7).

Menurut dia, KPK menitikberatkan pengumuman tersangka baru pada pihak swasta. Ini merupakan pengembangan dari kasus e-KTP yang menjerat beberapa orang, dan sudah ada yang dijadikan terpidana. “Ya ya, terutama pengusaha,” kata Agus.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang juga mengamini kabar tersebut. Pihaknya akan mengumumkan penetapan tersangka pada saat yang tepat. Menurut dia, penetapan tersebut sudah didasari dengan pendalaman kasus yang matang, khususnya terkait gelar perkara e-KTP.

“Nanti kami ekspos, kami sudah gelar perkara tinggal umumkan,” ucap dia.

Lebih lanjut, Saut menegaskan, penetapan tersangka kali ini tak hanya menyeret satu orang, melainkan ada sejumlah pihak lain yang juga mendaptkan status hukum yang sama. “Yang jelas lebih dari dua. Bisa jadi minggu depan, nunggu kesiapan saja,” ungkapnya.

Kasus e-KTP disebut-sebut sebagai korupsi mega triliun dengan kerugian mencapai Rp2,3 triliun. Adapun korupsi megaproyek senilai Rp5,9 triliun itu telah menyeret beberapa orang ke penjara. Diantaranya yakni Setya Novanto, Irman, Sugiharto, Andi Narogong dan Made Oka Masagung. Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.