The news is by your side.

KPK Sita 13 Tas Berisi Uang Miliaran Rupiah dari Kamar Gubernur Kepri

0

Oleh: Rudi Hasan   |

Balicitizen.com, Jakarta – Rumah dinas Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Nurdin Basirun, di Tanjung Pinang digeledah petugas Komisi Pemberantasan korupsi (KPK). Hasilnya bertumpuk-tumpuk uang disita, nilainya miliaran rupiah.

“Dari 13 tas ransel, kardus, plastik, dan paper bag, ditemukan uang Rp3,5 miliar, 33.200 dolar AS, dan 134.711 dolar Singapura,” ujar Febri di Jakarta, Jumat (12/7).

Jika nilai mata uang tersebut di atas dikonversi ke rupiah, maka total uang yang disita KPK di rumah dinas Nurdin mencapai Rp5,35 miliar. Febri mengatakan, temuan ini hasil tindaklanjut Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Kepulauan Riau beberapa waktu lalu. Tim dari KPK telah melakukam penggeledahan di rumah dinas Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun dan sejumlah lokasi lain.

Selain uang, tim KPK juga menyita beberapa dokumen di rumah dinas Nurdin. Tak cukup sampai di situ, KPK pun menggeledah Kantor Gubernur Kepri, termasuk Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan dan Kantor Kepala Bidang Perikanan Tangkap Kepri. “Di lokasi ini KPK mengamankan dokumen-dokumen terkait perizinan,” ujar Febri. “Di lokasi lain KPK mengamankan dokumen-dokumen terkait perizinan,” ujar Febri.

Dalam perkara ini, KPK telah meningkatkan perkara ke penyidikan dengan empat orang tersangka. Mereka adalah Nurdin Basirun, Edy Sofyan (kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri), Budi Hartono (kepala Bidang Perikanan Tangkap Kepri), dan Abu Bakar (pihak swasta). Ari/INI/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.