The news is by your side.

Legalisasi Arak Bali Diharapkan Sejahterakan Petani

0

Oleh: Ari   |

Balicitizen.com, Denpasar – Minuman khas Bali yakni arak Bali kini dalam proses penggodokan untuk dijual belikan secara legal. Bahkan Bali kini juga sudah memiliki Peraturan Gubernur yang memayungi produk-produk lokal termasuk arak Bali.

Kemarin sejumlah pemangku kepentingan membahas soal tersebut dalam Focus Group Discussion. Direktur Keuangan Perusda Bali, I.B. Purnamabawa mengatakan terkait Ranpergub tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali dapat memberikan kepastian dan landasan hukum terhadap pelaku usaha dalam melaksanakan tata kelola minuman fermentasi dan/atau destilasi khas Bali. Hal ini perlu dituangkan dalam Peraturan Gubernur Bali.

Menurutnya, disamping tata kelola, juga perlu dipersiapkan tata niaganya sehingga Distributor dan Tempat Penjualan Eceran (TPE) bisa berkontribusi untuk memasarkannya disamping minuman alkohol lain.

“Arak Bali adalah kearifan lokal dan juga industri lokal yang perlu dilindungi serta digencarkan pemasarannya secara maksimal oleh pihak Distributor dan TPE sebagai produk yang wajib dipasarkan. Hal ini sebagai Implementasi Peraturan Gubernur 99 tahun 2018 Tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali”, ujar Purnamabawa.

Diharapkan dengan terbitnya Peraturan Gubernur Bali tentang Tata Kelola Minuman Fermentasi dan/atau Destilasi Khas Bali taraf hidup Petani (Arak Bali) meningkat dan lebih sejahtera.

Direktur Narkoba Polda Bali, Kombes Ida Bagus Komang Ardika sangat setuju adanya Peraturan Gubernur Bali yang mengatur tata kelola maupun tata niaga Arak Bali. “Polda Bali siap mendukung dan mengamankan kebijakan Gubernur Bali terkait pelaksanaan tata kelola arak Bali”, tegas Ardika sembari mengingatkan agar masyarakat dan aparat tetap waspada dan hati-hati menyikapinya mengingat banyak terjadi kasus kriminal dipicu oleh penyalahgunaan minuman keras semacam arak Bali ini.

FGD juga dihadiri oleh Direktur Kriminal Khusus Direktorat Narkoba Polda Bali, OPD Provinsi Bali yang terkait, Bea Cukai Wilayah Bali, NTB, NTT, IFBEC, Balabec, Produsen Arak, dan Distributor Minuman Beralkohol di Bali. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.