The news is by your side.

Lomba Tradisional Ini Bakal Dijadikan Agenda Wisata Rutinan di Bali

0

Oleh: Rosid  |

Balicitizen.com, Denpasar – Satu lagi sajian wisata yang bakal dijadikan kegiatan rutin tahunan, bahkan sudah dibikinkan Gubernur Cup. Kegiatan yang diberi nama makepung oleh warga Jembrana ini diharapkan selain bisa melestarikan budaya, juga bisa menarik wisatawan mancanegara.

Gubernur Bali Wayan Koster berharap Makepung Gubernur Cup akan menjadi agenda tahunan serta masuk dalam daftar kalender pariwisata.

Hal itu disampaikan Gubernur Koster seusai penyerahan piala bergilir lomba Makepung Gubernur Cup di Arena Makepung Samblong, Sanggar Agung, Jembrana.

“Kegiatan ini supaya bisa menarik kunjungan wisatawan ke Jembrana, ke depan sebaiknya dirangkaikan dengan kegiatan lain. Sehingga tidak berlangsung hanya sehari, tetapi minimal tiga hari atau lebih,” ujar Gubernur Koster.

Untuk merealisasi hal itu, Gubernur Koster akan membenahi arena lomba makepung yang kebetulan berada di lahan aset milik Pemprov Bali. “Akan ditata menjadi lebih baik, tidak hanya jalur untuk kerbau lari tetapi secara menyeluruh, termasuk mekanisme penyelenggaraannya,” jelasnya.

Tak hanya itu, Gubernur Koster juga berencana akan menggelar kegiatan lomba sejenis pada tahun-tahun mendatang. “Selain makepung,  jegog juga akan dibuatkan event, seperti Festival Jegog atau sejenisnya,” imbuhnya.

Sementara terkait alasan kegiatan lomba Makepung Gubernur Cup yang digagas pihaknya, hal ini merupakan bagian dari upaya melestarikan dan mengembangkan tradisi khas milik Kabupaten Jembrana. “Makepung adalah tradisi unik yang lahir dari budaya agraris dan terbilang langka, sudah seharusnya kita lestarikan,” tegasnya. Ari/Balicitizen

Berita Terkait

Leave A Reply

Your email address will not be published.